Belajar Memahami Tupoksi, BPD Pebayuran Lakukan Bimtek

Reporter: Hamdan Bhulle

 

\"\"

KORANSIDAK.CO.ID – Dalam rangka mendukung penyelenggaraan pemerintah desa yang efektif, efisien dan akuntable, sebanyak 118 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Sabtu (13/7) mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), yang dilaksanakan di Hotel Lembah Sarimas, Jalan Raya Ciater, Palasari, Ciater, Kabupaten Subang.

Ketua Forum BPD Kecamatan Pebayuran, Barkah Fatimah mengatakan, berdasarkan ketentuan UU No 6 tahun 2014 tentang desa, BPD mempunyai 3 fungsi yakni membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

‘’BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai parlemennya desa,’’ kata Barkah Fatimah, Sabtu (13/7).

Barkah menambahkan, anggota BPD yang mengikuti kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi mitra pemerintah desa dalam menentukan arah kebijakan dan program pembangunan di desa serta menyukseskan visi misi agar terwujudnya masyarakat yang bermartabat.

‘’Para peserta diharapkan dapat memahami kebijakan pemerintah tentang pemerintahan desa, manajemen pemerintahan desa dalam aspek kewenangan, kelembagaan, keuangan, dan kekayaan desa, perencanaan pembangunan desa, produk hukum, administrasi, penataan wilayah dan pelaporan penyelenggaraan pemerintahan desa serta memahami secara teknis penyelenggaraan pemerintahan desa,’’ jelasnya.

Sementara itu, Beni Yusnandar, Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengatakan, Bimtek yang dilakukan BPD akan sangat membantu dalam kontribusi peningkatan kapasitas bagi BPD.

\”Kami dari DPMD Kabupaten Bekasi merasa berbahagia dengan adanya Bimtek ini, karena sangat membantu kontribusi peningkatan kapasitas BPD,\” kata Beni.

Dia menjelaskan, bimtek yang dilakukan BPD, bukan tahun pertama dan narasumber yang hadir pun bukan hanya dari pihak DPMD saja.

\”Ini bukan kali pertama. Sebelumnya pun pernah dilakukan dan narasumbernya bukan hanya dari kami (DPMD) tapi ada juga dari Kemendes dan OPD Kabupaten Bekasi seperti Insperkotrat dan Bagian Keuangan,\” ujarnya. (*)