Bersama Petani, Sekdes Karang Patri Berburu Hama Tikus

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: Hamdan Bhulle

 

KORANSIDAK.CO.ID – Sekretaris Desa (Sekdes) Karang Patri, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Lina Wiyah bersama petani, berburu hama tikus yang marak menyerang tanaman padi sejak beberapa pekan terakhir.

Kali ini, lokasi berburu hama tikus dipusatkan di lokasi persawahan Blok Pesiut, tepatnya di sepanjang jalan Kampung Pulo Kecil sampai Kampung Cibulus.

Dilokasi itu, perangkat desa bersama puluhan orang petani berhasil memusnahkan ratusan ekor tikus, Jumat (12/7).

Lina menjelaskan, pola pembasmian hama tikus yang dilakukan secara tradisional yakni melalui metode penggalian dan pengairan pada lubang-lubang yang diperkirakan sarang tikus.

Metode tersebut paling efektif dan murah serta hasilnya cukup memuaskan, di samping itu, dia pun menyarankan petani untuk membersihkan rerumputan di pematang sawah karena memicu tikus berkembang biak.

Kegiatan tersebut termasuk tugas dan kewajiban pihaknya sekaligus sebagai upaya pembinaan untuk mempertahankan ketahanan pangan masyarakat melalui wujud gotong-royong bersama masyarakat.

Dia mengharapkan, agar perburuan hama tikus bersama petani itu secara rutin dilakukan untuk mengurangi serangan hama tikus yang selama ini selalu meresahkan petani.

“Pada musim tanam lalu, hama tikus menyerang tanaman padi petani dan banyak areal sawah yang gagal tanam,” kata Sekdes Karang Patri Lina Wiyah, yang saat ini sedang menempuh pendidikan di bangku kuliah.

Mahasiswa jurusan Keguruan Ilmu Pendidikan ini menjelaskan, serangan hama tikus itu dipicu beberapa faktor antara lain musim tanam petani tidak serentak dan memasuki perubahan iklim sehingga ancaman tikus cukup tinggi.

“Atasnama pemerintah desa kami sangat berterima kasih kepada petani yang sudah membantu menggerakkan masyarakat untuk memburu dan memusnahkan ratusan ekor hama tikus tersebut,” ujarnya. (*)