Program KTA Jadi Program Kampung di Tangerang

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: Dony Prestanto

 

KORANSIDAK.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) meresmikan Kampung Tertib dan Aman (KTA), di Kampung Inovasi Cimone, Kecamatan Karawaci.

Wakil Walikota Tangerang, H. Sachrudin, menyampaikan, KTA yang digagas oleh Satpol PP Kota Tangerang, tak lain guna menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Kami dari Pemkot Tangerang, inginkan kampung-kampung yang ada di kota Tangerang, aman dan nyaman,” papar Sachrudin (25/6).

Selain itu, masyarakat diharapkan lebih giat lagi dalam menciptakan kampung yang aman, seperti melaksanakan siskamling. Kerja bakti, meningkatkan silaturahmi dan kampung harus bersih dari pengaruh negatif narkoba.

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Tanggerang, Mumung Nurwana, mengingatkan KTA sebagai bagian dari program kampung kita yang merupakan gagasan Walikota Tanggerang, H. Arief Wismansyah. Setiap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terlibat didalamnya, termasuk Satpol PP.

“Kegiatan sudah dimulai dari tahun lalu dengan sosialisasi keamanan dan optimalisasi peran Perlindungan Masyarakat (Linmas) di masyarakat, yang dilaksanakan di 13 kecamatan. Tingkat kriminalitas dapat mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat, tentu dibutuhkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan kondisi aman dan nyaman,” ujar Kasatpol PP Kota Tanggerang, Mumung Nurwana.

Program KTA selain memberikan dukungan terhadap kampung tematik yang sudah ada, juga meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ketertiban juga keamanan lingkungan. Bentuk dukungan berupa pemberian perangkat keamanan, meliputi pemasangan kamera CCTV, lampu senter, kentongan, jas hujan, seragam Linmas, serta papan informasi.

Sementara itu, Ketua RT 01 RW 02, di Kampung inovasi Cimone, Suherman, menyambut baik program KTA di wilayahnya. Dirinya berharap program KTA dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kota Tanggerang.

“Kehadiran KTA meningkatkan sistem keamanan di lingkungan, terlebih Kampung Inovasi Cimone, kini ramai dikunjungi oleh wisatawan dan masyarakat. Insyaallah bisa memberikan kenyamanan bagi kami dan kami akan jaga KTA ini sebaik mungkin,” kata Suherman. (*)