170 Tim Berlaga di Ajang DNC U-12, Pemenang Akan Bertanding di Spanyol

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: Dony Prestanto

 

KORANSIDAK.CO.ID – Provinsi Banten yang masuk regional DKI Jakarta dalam gelaran U-12 Danone kompetisi sepak bola junior, akhirnya diikuti 170 tim sepak bola junior. Mereka berlaga di Aqua Danone Nations Cup (DNC) U-12 wilayah Provinsi Banten.

Opening Ceremony kompetisi yang diikuti pesebakbola usia 12 tahun itu digelar di Stadion Mini Ciputat, Jalan Pendidikan, Ciputat, Tanggerang Selatan.

Tak hanya diikuti tim dari Tangerang, beberapa tim dari luar daerah pun turut berlaga, diantaranya Kuningan, Bandung, Sukabumi, Bogor, Depok, DKI Jakarta, Banten Selatan, serta Banten Barat.

“Dari dulunya per wilayah, atau per Kota, namun kali ini kita berbeda dengan kegiatan yang lalu. Jadi kali ini terdapat warna baru dengan kualifikasi yang melebur dari berbagai daerah. Namun penanggungjawabnya tetap per wilayah,” kata Slamet Hardiansyah saat ditemui disela-sela pembukaan Kompetisi Danone U-12 di Ciputat, Sabtu (22/6).

170 tim tersebut akan bertanding di babak kualifikasi wilayah Banten untuk memperebutkan 8 tiket menuju tingkat regional DKI Jakarta. Hasil dari babak regional Jakarta, akan menuju dan berlaga pada babak selanjutnya di tingkat nasional.

Sementara, mereka yang lolos di nasional, akan bertanding pada level internasional di Spanyol. Kompetisi U-12 Aqua Danone Nations Cup sendiri merupakan kompetisi yang rutin berlansung untuk menjadi ajang pembinaan atlit muda sepak bola Indonesia.

“Kita ada di zona ke-7, pada tahun 2019 mendapat kuota yang cukup banyak, yakni 8 tim dari 170 tim yang bertanding,” ujar Slamet.

Slamet Hardiansyah yang juga tercatat pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tanggerang Selatan, menjelaskan, mekanisme pertandingan kompetisi ini menggunakan sistem grup. Satu grup itu dibagi menjadi 3 tim, nanti akan di diskualifikasi, untuk mewakili ke regional DKI Jakarta.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tanggerang Selatan Rita Juwita dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa kegiatan tersebut berguna bagi pembinaan sejak usia dini pemain sepak bola di Tanggerang Selatan. Semua dapat dilihat dari animo keikut sertaan pesepak bola muda diwilayah Aqua DNC Provinsi Banten dalam pendaftaran peserta tahun ini melalui mekanisme online.

“Mudah-mudahan nanti pemain sepak bola Tanggerang Selatan ada beberapa regenerasi, jadi yang sudah senior ada, tingkat SMP itu ada, dan usia dini juga ada. Jadi gak kehabisan pemain,” kata Rita Juwita. (*)