Arus Mudik di Tangerang Tahun Ini Diperkirakan Meningkat

 

Reporter: Dony Prestanto

 

\"\"

KORANSIDAK.CO.ID – Tahun ini, Arus mudik Lebaran di Tangerang diperkirakan akan meningkat dibandingkan hari raya tahun 2018. Kasat Lantas Polresta Tangerang, Kompol Ari Satmoko, menyatakan, ribuan kendaraan melintasi wilayah Tangerang saat arus mudik Lebaran.

Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada Minggu malam (02/6). Volume kendaraan pun terus meningkat. Baik itu kendaraan sepeda motor mau pun mobil.

\”Hingga semalam kendaraan yang melintas sebanyak 4.160. Kebanyakan sepeda motor jumlahnya mencapai 3.513 kendaraan,\” ujar Kasat Lantas Polresta Tangerang tersebut.

Kompol Ari Satmoko mengklaim terjadinya peningkatan volume kendaraan, namun arus lalu lintas masih terpantau lancar. Sejak hari Sabtu hingga hari ini, arus mudik semakin meningkat.

\”Dibandingkan arus mudik Lebaran tahun lalu, terjadi perbedaan kepadatan lalu lintas. Waktu libur menjelang Idul Fitri yang relatif panjang, berdampak pada keleluasaan pemudik merencanakan perjalanannya,\” ungkap Kata Kompol Ari Satmoko.

Dia mengatakan, para pemudik paling banyak melintas di Jalan Raya Serang, Kabupaten Tangerang. Para pemudim kebanyakan hendak ke arah Serang, Cilegon dan Merak.

\”Kondisi ini kalau terjadi sampai hari raya lumayan membantu petugas dalam kegiatan mengurai arus mudik.\” kata sang Kasat Lantas yang menerangkan sebanyak 1.366 Kendaraan Ditilang Dalam Operasi Ketupat Hari ke-4 tersebut.

Sementara itu ditempat terpisah, Kombes Pol Sabilul Alif memberikan logistik kesehatan kepada petugas pengamanan Lebaran 2019 yang siaga 24 jam mengatur lalu lintas demi kelancaran para pemudik.

\”Kami memberikan suplemen dan vitamin, madu, obat pencegah masuk angin, minyak angin dan masker,\” kata Kapolres di Tangerang, Minggu (2/6).

Sabilul mengatakan logistik kesehatan itu merupakan salah satu usaha agar anggota tetap fit sehingga tetap bisa melayani masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman masing-masing. Dirinya berharap petugas dapat menjaga kesehatan anggota dan dalam kondisi saat ini tetap prima meski sedang menjalankan puasa Ramadhan.

Sabilul bersama tim dari Bhayangkari mendistribusikan logistik tersebut di Pos Pelayanan dan Pengamanan Citra Raya, Kecamatan Cikupa yang merupakan jalur utama pemudik ke beberapa kota di Pulau Sumatera atau sebaliknya.

Bekal logistik itu diberikan kepada petugas di lapangan, pos pengamanan ataupun yang piket di Mapolresta Tangerang. Selain itu logistik kesehatan itu juga diberikan kepada petugas yang turut terlibat dalam pengamanan Lebaran 2019 seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, anggota Pramuka, TNI dan pihak terkait lainnya.

\”Selama menjalankan tugas, salah satu tantangan dalam pelaksanaannya adalah kondisi fisik yang harus selalu fit,\” kata Kombes Sabilul. (*)