Terbitkan Edaran, Airin Minta ASN dan Anggota DPRD Tolak Gratifikasi Hari Raya

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: Dony Prestanto

 

KORANSIDAK.CO.ID – Pemerintah Kota Tangerang Selatan menerbitkan surat edaran tentang gratifikasi hari raya keagamaan. Surat dengan nomor 356/1293/ Inspektorat itu ditanda tangani Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany tertanggal 28 Mei 2019.

Surat edaran tersebut dikirim kepada para wartawan yang meliput dilingkungan Pemkot Tangerang Selatan tanggal 31 Mei 2019 sebagai bentuk informasi.

Surat tersebut sendiri merupakan tindak lanjut dari Surat yang diterima Walikota Tangerang Selatan yang berasal dari ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dan Kementerian Dalam Negeri RI tentang pencegahan Gratifikasi terkait hari raya Keagamaan.

Sebagai bentuk komitmen terhadap pencegahan dan pemberantasan korupsi, Walikota Tangerang Selatan menyurati Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan dan kepala badan atau instansi di pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Dalam suratnya, Airin Rachmi Diany menghimbau agas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan anggota DPRD Kota Tangerang Selatan menolak segal bentuk pemberian berupa bingkisan/parsel, fasilitas dan berbagai bentuk peberian lainnya dalam rangka hari raya keagamaan.

Selain itu juga diingatkan agar tidak membuat surat permohonan dana atau sumbangan juga hadiah sebagai tunjangan hari raya (THR).

Walikota Tangerang Selatan itu mengingatkan bila ASN telah menerima makanan yang mudah rusak dan atau kadaluwarsa, agar memberikannya kepada panti sosial atau rehabilitasi sosial yang ada.

Surat edaran juga mengingatkan agar ASN tidak menggunakan kendaraan dinas untuk kepentingan pribadi dihari raya, dicontohkan untuk mudik hari raya.

Para kepala badan dan instansi di Tangerang Selatan dianjurkan untuk mencegah terjadinya tindakan korupsi dengan membuat surat menolak gratifikasi dalam bentuk apapun.

Walikota Tangerang Selatan berharap kepatuhan pegawai dapat meningkatkan semangat kerja dan motivasi dalam menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah. (*)