Setelah di Revitalisasi, Pasar Bersih Malabar Tradisional dan Semi Modern

Bagikan Berita Ini

Reporter: Dony Prestanto

 

KORANSIDAK.CO.ID – Hasbullah (36) merupakan sedikit dari sekian banyak usahawan muda yang mau berkecimpung dalam kegiatan usaha membantu masyarakat.

Dirinya bergabung dengan PT. Cita Nusa dalam upaya merehabilitasi pasar Malabar yang sebelumnya rusak, eks kebakaran, becek dan terlihat kumuh menjadi pasar yang cukup representatif bagi warga perum Perumnas.

Pasar yang dulu rusak, tetapi banyak diakses warga untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Dengan revitalisasi pasar Malabar, maka pasar Malabar memperbaiki dengan mottonya Pasar Bersih.

“Di pasar Malabar yang sekarang, dilarang bagi pengemis, pengamen dan pemulung beraktifitas di lingkungan pasar Malabar,” kata Hasbulloh saat ditemui di ruang kerjanya, lingkungan Ruko Pasar Bersih Malabar, Jumat (3/5).

Sudah hampir 3 tahun setelah pasar Bersih Malabar dilaunching, menurut Hasbulloh, kegiatan perekonomian tempat usaha sekitar pasar Malabar hidup lebih baik.

Dirinya sering mendapatkan pesan dari para pemilik toko yang berada sekitar Pasar Bersih Malabar mengucapkan terima kasih atas perbaikan situasi hasil revitaslisasi pasar Malabar.

Pasar Bersih Malabar yang terdiri dari 2 lantai (dengan Basement), saat ini sudah hampir penuh terisi bangunan kios dan ruko yang tersedia.

“Dari hasil revitalisasi yang dikerjakan PT Cita Nusa, hanya beberapa belas kios yang belum terjual. Sedangkan Ruko masih ada 15 unit yang belum laku terjual,” kata Hasbulloh.

Hasbulloh yakin, kalau semua sertifikat bagi pedagang yang membeli sudah serah terima, maka kegiatan pengelolaan pasar Bersih Malabar akan segera diserah terimakan ke Pembentukan Perhimpunan Penghuni Rumah Susun (PPRS).

Saat ini Pemasaran unit 5 di Pasar Bersih Malabar masih mengupayakan untuk memenuhi kewajiban pengelolaan.

“Di Pasar baru Malabar saat ini parkir kendaraan roda 2 bisa menampung 500 unit motor dan roda 4 sebanyak 33 unit,” katanya yang optimis dengan perkembangan kehidupan ekonomi pasar Bersih Malabar. (*)