Gebyar Karnaval PAUD 2019 Bisa Cegah Pengaruh “Setan Gepeng”

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: M. Nurudin

 

KORANSIDAK.CO.ID –  Setan Gepeng yang dianggap berpengaruh besar terhadap watak dan karakter usia anak dini, membuat bidang pembinaan PAUD-PNF Disdik Kota Cirebon menyelenggarakan kegiatan Bunda PAUD Kota, Kecamatan dan Kelurahan se Kota Cirebon dan Gebyar Karnaval PAUD 2019,  Selasa (29/4) di gedung Merpati Putih,  Bima, Kota Cieebon.

Kabid PNF, Disdik Kita Cirebon, Drs Odik, MPd, menjelaskan ada sekitar 171 kendaraan yang mengikuti Gebyar Karnaval dengan peserta didik PAUD sebanyak 2800 siswa. Termasuk diikutkannya Macan Ternak (Mama Cantik Pengantar Anak).

“Yang dimaksud “Setan Gepeng” itu adalah handphone, dimana usia anak dini banyak sekali yang juga ikut terjebak dengan keberadaan Hp tersebut, ini tentu sangat tidak baik pengaruhnya bagi perkembangan kejiwaan anak, maka melalui Karnaval ini untuk menangani terutama memberikan pembinaan mental bagi anak,” terangnya.

Odik juga menjelaskan, dalam kegiatan Karnaval tersebut dibuka langsung oleh Sekda Kota Cirebon pada pukul 08.00 WiB,  dengan start di Balikpapan Cirebon.

Kemudian kendaraan yang sudah dimodifikasi dengan berbagai kreatif bergerak keliling kota, namun tidak melewati rel Kereta Api dan diarahkan melewati jalan layang Pegamburan. Rute perjalanan Karnaval ini sempat memacetkan arus lalu lintas.

“Untuk hasil penilaiannya kami serahkan sepenuhnya kepada tim juri. Nanti mereka yang akan menilai siapa yang akan menjadi juara, tetapi tentunya ada kriteria yang dapat dinilai yakni, keberanian, keindahan,  kenaikan dan kreatifitasnya. Mereka yang juara akan diberikan piala. (*)