Rektor: IAIN SNJ Cirebon Buka Peluang Masyarakat Miskin Bisa Kuliah

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: M. Nurudin

 

KORANSIDAK.CO.ID – Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon (SNJ), membuka peluang masyarakat miskin atau tidak mampu untuk bisa kuliah. Program ini sudah dilakukan melalui dua pintu yakni bidik misi dan beasiswa. Bahkan wisudawan yang baru saja lulus, juga diantaranya lulus dengan kuliah melalui beasiswa.

Demikian disampaikan Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta MAg kepada sejumlah media usai proses wisudawan sebanyak 466 Wisuda Sarjana dan Magister XIX, di Hotel ASTON, Sabtu (27/4/2019).

Bukti jalannya program perluasan akses yang dikembangkan Perguruan Tinggi Negeri satu-satunya di wilayah 3 Cirebon, yakni IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini adalah dengan membuka kesempatan masyarakat miskin melalui beasiswa agar bisa kuliah.

“Kami memang membuka kerjasama beasiswa bagi mahasiswa baik dengan Bank Indonesia (BI), Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta pihak institusi dan lembaga-lembaga lainnya. Dan IAIN SNJ merupakan PTN termurah biaya kuliahnya hingga wisuda pun mahasiswa gratis hingga lulus menjadi sarjana. Inilah komitmen kami dari perluasan akses, bidik misi dan mutu pendidikan,” ucapnya.

Dalam peningkatan atau mutu, kata H Sumanta, ada 5 Prodi di IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang sudah mendapat akreditasi A, dan ini capaian yang gelombang dari peningkatan mutu yang tengah terus dikembangkan di IAIN SNJ.

“Jadi selain perluasan akses, bidik misi juga bisa dilihat dari wisuda tadi yang mendapatkan predikat cumlaude, mereka yang tidak mampu terbantu dengan prestasi tersebut. Jadi beasiswa itu benar-benar membantu mereka para mahasiswa, masyarakat miskin disini bisa terbantu. Itulah IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang terus mengembangkan dirinya untuk menjadi PTN terbaik di Indonesia,” paparnya.

Sementara itu, ratusan mahasiswa yang mengikuti prosesi wisuda berlangsung khidmat dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda dan Magister XIX IAIN Syekh Nurjati Cirebon di Hotel ASTON, wisuda dengan tema “Meneguhkan Sarjana Muslim yang Toleran dan Berjiwa Ulil Albab” mendapat ucapan selamat dari Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg yang diwisuda tahun ini. (*)