PTPS Kecamatan Haurgeulis Resmi Dilantik, Ini Harapan Panwascam

Bagikan Berita Ini
  • 6
    Shares

 

Reporter: Nanang

 

 

KORANSIDAK.CO.ID – Sebanyak 224 pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) yang ada di Kecamatan Haurgeulis resmi dilantik, Kamis (11/4). Usai pelantikan, PTPS langsung dibekali bimbingan teknis tentang pengawasan pemilu di tempat pemungutan suara (TPS).

“Sebelum mereka (PTPS) turun ke lapangan harus diberikan bekal berupa bimbingan teknis pengawasan,” kata Komisioner Bawaslu bidang koordinasi hukum data dan informasi Chaidar Mustofa.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Haurgeulis, Syahri Mulyana menjelaskan, bimtek yang dilaksanakan pihaknya agar PTPS dapat memahami pengawasan yang sesuai aturan, sehingga para PTPS mengerti sebelum bertugas.

“Kita tidak menurunkan orang yang sembarangan, orang yang harus paham tentang pemilihan atau kendala-kendala nanti di lapangan serta koordinasi yang kemudian nanti kita lakukan di lapangan,” jelasnya.

Pelaksanaan bimtek kata Mulyana, untuk memberikan pengertian dan pendalaman materi kepada pengawas TPS, supaya tidak salah langkah saat di lapangan nanti.

“Jadi mereka (PTPS) kita bekali ilmu tentang apa yang akan mereka lakukan dan apa tidak harus lakukan di lapangan, serta tindakan apa yang harus mereka perbuat ketika terjadi hal-hal yang di luar dugaan di lapangan,” pungkasnya. (*)