Dishub Kota Cirebon Berharap Piala WTN Kembali Diraih

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: M. Nurudin

 

Asep Sudrajat

KORANSIDAK.CO.ID –  Sejak tahun 2014 hingga 2017, Kota Cirebon sudah empat kali berturut-turut meraih piala Wahana Tata Nugraha (WTN).  Di tahun 2019 ini, Kota Cirebon kembali berharap mampu menyabet WTN yang kelima kalinya. Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Atang melalui Kasi Rekayasa Lalu Lintas, Dishub Kota Cirebon, Asep Sudrajat,  Kamis (10/4).

Menurut Asep, lomba WTN tahun ini berbeda dengan tahun-baru sebelumnya, dimana semula diselenggarakan setiap tahun,  namun pada tahun ini, lomba diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Untuk tahun ini lomba WTN dimulai dari tahun 2018 hingga tahun 2019.

Kata Asep, ada 13 provinsi di Indonesia menjadi peserta lomba WTN dan sedikitnya 12 kota dan kabupaten di Jawa Barat ikut menjadi peserta pada lomba WTN ini.

“Nanti pada tanggal 22 sampai 25 April 2019, merupakan presentasi hasil penilaian lapangan lomba tertib lalu lintas dan angkutan kota tahun 2019. Dan presentasi dari Kota Cirebon dijadwalkan pada tanggal 24 April mendatang ke Kementerian Perhubungan untuk melakukan presentasi. Untuk itu kami semua berdoa semoga Kota Cirebon kembali meraih piala penghargaan WTN 2019,” katanya.

Asep juga menjelaskan jika pada presentasi pada 24 April 2019 mendatang, materi yang dipresentasukan menyangkut 5 bidang, yakni bidang lalu lintas, bidang angkutan, bidang sarana transportasi, bidang prasarana transportasi dan bidang umum. Dan jadwal penyerahan penghargaan berdasarkan jadwal yang ada akan diserahkan pada November 2019 yang akan datang.

Program lomba WTN ini, jelas Asep Sudrajat, selain Dishub juga melibatkan stakeholder lainnya, seperti DPUPR, Kepolisian,  Disperibdag, Dinkes, Disdik, Organda, Jasa Rahaja serta unsur atau dinas terkait lainnya.

“Dishub sebagai pelaksana dalam pelaksanaan WTN, sesuai dengan program Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Tujuannya adalah untuk menciptakan ketertiban,  kebersihan dan kedisiplinan masyarakat,  khususnya dalam berlalu lintas, sehingga dapat menekan angka kecelakaan dan kemacetan,” terangnya.

Sementara itu, Walikota Cirebon, Nasrudin Azis berharap, tim pemenangan WTN Kota Cirebon, bisa kembali memenangkan piala Wahana Tata Nugraha (WTN).

Menurut Azis, penganugerahan WTN tersebut adalah media agar pemerintah dan masyarakat Kota Cirebon bisa mengaplikasikan budaya tertib berlalu lintas, masyarakat sudah sadar pentingnya keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, serta menggunakan fasilitas umum sebagai mana mestinya. (*)