Upaya Amankan Pemilu 2019, Satpol PP Berikan Bimtek Kepada Ribuan Anggota Linmas

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: M. Nurudin

 

KORANSIDAK.CO.ID – Kesiapan mental dibutuhkan bagi anggota Linmas untuk mengikuti pengamanan Pemilu 17 April 2019 mendatang. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon telah memberikan bimbingan teknis (bimtek) bagi ribuan anggota Linmas di Kota Cirebon.

Walikota Cirebon, H. Nashrudin Azis, usai kegiatan Apel Gelar Pasukan Satuan Linmas se Kota Cirebon dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu serentak 2019, Senin, (8/4) mengungkapkan, jika kesiapan mental sangat dibutuhkan bagi setiap anggota Linmas saat bertugas di lapangan.

“Karena mereka tidak dibekali oleh perlengkapan khusus, sehingga kesiapan mental harus diperkuat,” ungkap Azis.

Kesiapan mental ini menurut Azis merupakan senjata yang paling ampuh bagi setiap anggota Linmas saat bertugas mengawal Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang.

Karenanya itu Azis bersyukur dan berterima kasih kepada Satpol PP Kota Cirebon yang sebelumnya telah memberikan bimtek kepada anggota Linmas yang nantinya akan bertugas.

Azis juga meminta kepada anggota Linmas untuk bertugas dengan sebaik-baiknya, karena pemilu tahun ini berbeda dengan pemilu sebelumnya.

“Karena pemilu kali ini digabungkan dengan pilpres, pemilihan anggota DPR dari daerah hingga pusat serta DPD RI,” ungkap Azis.

Azis berharap pelaksanaan pemilu di Kota Cirebon bisa berlangsung dengan aman, damai dan kondusif.

Sementara itu Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy, SH., S.Ik., M.Pict.,M.Iss., mengungkapkan jika keberadaan Sat Linmas sangat membantu tugas-tugas kepolisian.

“Selain membantu masyarakat, kami, kepolisian juga terbantu dengan keberadaan Sat Linmas,” ungkap Roland.

Pada kesempatan yang sama, Roland juga meminta kepada setiap warga negara, termasuk warga Kota Cirebon untuk bersama-sama menjaga kondusivitas pesta lima tahunan yang akan diselenggarakan 17 April 2019 mendatang.

Kepala Satpol PP Kota Cirebon, Drs. Andi Armawan, menjelaskan jika anggota Linmas Kota Cirebon tercatat sebanyak 1.958 orang ditambah dengan pengamanan wilayah sebanyak 260 orang. Mereka akan bertugas di masing-masing TPS sebanyak 2 orang, pengamanan di kelurahan sebanyak 10 orang dan pengamanan di 5 kecamatan sebanyak 15 orang. “Mereka semua telah mengikuti bimtek,” ungkap Andi.

Pada bimtek, pemateri berasal dari KPU, Polres Cirebon Kota dan Kodim 0614 Kota Cirebon. Dengan materi pada bimtek yang telah diberikan, Andi berharap setiap anggota Linmas bisa menyadari fungsi mereka sangat penting untuk pengamanan pada pemilu 2019 mendatang. (*)