Dinas SDA Jabar Cepat Tanggap Tanggulangi Banjir Indramayu

Bagikan Berita Ini
  • 6
    Shares

 

Reporter: M. Nurudin/Nanang/Allen

 

 

KORANSIDAK.CO.ID – Banjir yang terjadi Senin (8/4) kemarin mendapat reaksi cepat dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jawa Barat. Dinas yang menangani Sumber Daya Air ini langsung melakukan langkah-langkah konkret bagi penanggulangan banjir yang terjadi di Kecamatan Indramayu, Desa Plumbon, Desa Dukun dan Desa Pekandangan Jaya.

Upaya Dinas SDA Jabar yang dilakukan adalah dengan melakukan koordinasi dengan pihak BBWS Cimanuk-Cisanggarung, BPBD Kabupaten Indramayu, Dinas PUPR Indramayu, dan pihak aparat terkait, untuk upaya program penanggulangan secara struktur, normalisasi, serta upaya non struktur.

Selain itu juga memberikan bantuan kepada warga yang terdampak akibat bencana banjir dengan menutup arah air yang masuk ke pemukiman disekitar tanggul yang lebih rendah dengan karung akibat meluapnya Sungai Cimanuk.

Bahkan pihak Dinas SDA Jabar juga  menginformasikan kepada warga sekitar untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap anomali cuaca yang cukup ekstrim.

“Bantuan bahan banjiran karung plastik dan alat berat dari PUPR Kabupaten Indramayu sudah stanby di kantor Bendung Ram bahan,” ucap petugas dilapangan.

Sementara itu, berdasarkan hasil pantauan Dinas SDA Jabar, dari banjir tersebut mengakibatkan TMA Sungai Cimanuk meningkat dan terjadi luapan/over toping, tanggul limpas/tergerus air kiriman dari hulu Sungai Cimanuk dengan debit maksimal, TMA (Pos Duga Air) Kertasemaya, 8,14 m.

Hal tersebut diakibatkan sedimentasi dan erosi yang cukup tinggi di badan sungai sehingga sungai tidak mampu lagi menampung debit aliran air dari bagian hulu Cimanuk.

Dampak banjir ini, pemukiman dan sarana jalan tergenang, dan atas musibah ini dikabarkan tidak ada korban jiwa. (*)