Membantu Perekonomian, Pemkot Cirebon Dorong Keberadaan UMKM

Bagikan Berita Ini

Reporter: M. Nurudin

 

KORANSIDAK.CO.ID – Keberadaan UMKM sangat membantu perekonomian di Kota Cirebon. Karena itu keberadaannya harus terus didorong untuk dikembangkan.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, H. Asep Dedi, usai pelaksanaan Tax Expo Ciayumajakuning 2019 di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Cirebon, Jumat, (5/4).

“Keberadaan UMKM sangat membantu pertumbuhan ekonomi, termasuk di Kota Cirebon,” ungkap Asep.

Bahkan disaat krisis ekonomi melanda, UMKM justru bisa bertahan dari terjangan krisis tersebut.

Karena itu, Pemerintah Kota Cirebon terus mendorong agar keberadaan UMKM dibantu. Baik dari segi pemodalan maupun pemasaran.

“Tapi kami tentu tidak bisa bergerak sendiri,” ungkap Asep.

Keberadaan dana APBD yang terbatas, membuat stakeholder terkait harus ikut turun tangan membantu mendorong kemajuan UMKM tersebut. Salah satunya yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jabar 2 saat ini.

“Dengan adanya stand gratis selama 3 hari, lumayan. Bisa membantu menjual produk UMKM unggulan dari Kota Cirebon,” ungkap Asep.

Langkah yang dilakukan hari ini menurut Asep sangat bagus dan patut untuk diapresiasi. Asep pun meminta kepada stakeholder terkait lainnya yang ada di Kota Cirebon bisa melakukan hal yang sama.

“Mari kita sama-sama kembangkan UMKM yang ada di Kota Cirebon ini,” ungkap Asep.

Sementara itu Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat, Yoyok Satiotomo, mengungkapkan jika kegiatan ini baru pertama kali dilakukan di wilayah Ciayumajakuning.

“Melibatkan 4 kantor pelayanan pajak, yaitu kantor pelayanan pajak Cirebon satu dan dua, Kuningan dan Indramayu,” ungkap Yoyok.

Melalui kegiatan ini diharapkan UMKM yang ada di wilayah Ciayumajakuning, termasuk di Kota Cirebon bisa lebih maju lagi. (*)


TAG