Klereng, Permainan Tradisional yang Mengasyikan dan Digemari Semua Usia

Bagikan Berita Ini
  • 15
    Shares

 

Reporter: M. Nurudin

 

KORANSIDAK.CO.ID – Tidak hanya digemari anak, permainan tradisional ‘Klereng‘ ternyata juga digemari oleh para remaja dan orang dewasa. Seperti tampak dalam gambar, seorang anak dengan asyiknya memainkan jari jemari saat memainkan klereng di atas tanah, Kamis (04/04).

Sebut saja Dimas (9), dengan asyiknya bermain klereng bersama teman-teman sebayanya. Dimas yang bangga dengan kemampuannya memenangkan beberapa kali putaran permainan Klereng yang dimainkan dengan dua gaya.

Gaya yang pertama menggunakan permainan lingkar dan gaya yang kedua memakai sistem segitiga.

Kesenangan permainan Klereng ini ternyata juga tengah dinikmati oleh usia remaja dan dewasa. Mereka mengaku seperti bernostalgia setelah sekian tahun di kampungnya tak pernah lagi terlihat ada permainan tradisional ini.

“Ya seperti masa lalu, permainan tradisional yang satu ini tak ada perubahan, bahan yang digunakan masih berupa Klereng dengan variasi dan motif yang indah dan sistem permainan yang sama. Ini benar-benar seperti nostalgia sewaktu saya masih berusia antara 8 sampai 11 tahun,” kata Reza yang kini sudah berusia 19 tahun.

Permainan Klereng juga dinikmati oleh kalangan dewasa, sebut saja Aman (27), yang tengah bermain bersama Tedi (32), dan Yanto (35). Ketiganya asyik bermain layaknya anak-anak di usia 10 sampai 15 tahunan.

“Sampai kapan pun permainan tradisional yang satu ini tidak akan pernah punah, selagi masih banyak yang menyukai permainan ini. Selain harganya murah, Klereng juga mudah didapatkan di warung-warung atau tempat lain. Ya asyik aja gitu, sambil menghilangkan kepenatan setelah bekerja seharian,” ujar Tedi. (*)