Tingkatkan Komitmen Pelayanan Air Bersih, PDAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon Teken MoU Dengan Pelindo II

Bagikan Berita Ini
  • 5
    Shares

Reporter: M. Nurudin

 

KORANSIDAK.CO.ID – Komitmen PDAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon terus dilakukan,  berbagai upaya dan program pun diluncurkan. Semua ini semata untuk terus memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan tetap mengutamakan dan mengedepankan pelayanan.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan pihak PDAM dan instansi lain, dimana pada acara pisah sambut antara General Manager Pelindo II Cirebon dari sebelumnya Solihin kepada Udin Mahmudin yang digelar disalah satu Hotel di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Jumat (29/3) dilakukan penandatangan kesepakatan.

Pada kegiatan ini dibentuk kerjasama antara Pelindo II Cirebon dengan Perumda Air Minum Tirta Giri Nata sepakat mendistribusikan air ke Pelabuhan Cirebon. Kesepakatan tersebut dilakukan dalam bentuk kesepakatan bersama (MoU).

Dirut Perumda Air Minum Tirta Giri Nata, H Sofyan Satari mengatakan, selama ini pihaknya sudah mendistribusikan air ke Pelabuhan Cirebon, namun belum ada kesepakatan. Oleh sebab dengan adanya kesepatan PD Tirta Giri Nata akan lebih baik melayani kebutuhan air untuk Pelabuhan.

“Dengan adanya MoU ini, kebutuhan air bersih ke Pelabuhan Cirebon akan dilayani dengan baik,” kata Opang sapaan akrabnya usai acara kepada awak media.

Perumda Air Minum Tirta Giri Nata, kata Opang, mendistribusikan air ke Pelabuhan sebanyak 25 Meter Kubik perjam, namun tidak secara rutin, pasalnya sambungan air ke Pelabuhan Cirebon kurang maksimal. Pelindo akan menyediakan ground tank untuk menampung air tersebut.

“Kami sudah sampaikan kebutuhan air di wilayah itu tidak bisa 24 Jam jadi, minta ada bak penampungan agar saat dibutuhkan bisa mengambil dari tempat tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, ditempat yang sama GM Pelindo II Cirebon, Udin Mahmudin mengatakan, kebutuhan air bersih di Pelabuhan Cirebon sangat tinggi, terlebih banyak kapal yang bersandar. Dengan adanya kesepakatan ini, kebutuhan air sudah terpenuhi dengan baik.

“Kapal yang bersandar pasti membutuhkan air bersih, karenanya kami MoU dengan PD Tirta Giri Nata. Sekarang kapal bisa mendapatkan air bersih melalui Pelindo,” imbuh dia.

Masih kata Udin, dengan penyediaan air bersih ini, maka kapal yang bersandar di pelabuhan Cirebon dapat memperoleh pelayanan lebih cepat, karena sebelumnya pengisian menggunakan truk tangki sekarang air bersih disalurkan melalui pipa yang terhubung ke reservoar yang telah disiapkan Pelindo.

“Kebutuhan air bersih pada kapal akan semakin membaik dan semua bisa terlayani,” tandasnya. (*)


TAG