Peringati Hari Bakti Rimbawan, Ini Harapan BKPH

Bagikan Berita Ini

Reporter: Alen Dellon/Nanang
Editor: Hamdan Bhulle

 

KORANSIDAK.CO.ID – Melalui semangat Hari Bakti Rimbawan yang diperingati setiap tanggal 16 bulan Maret, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sanca dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Baru, Kamis (21/3) melakukan penanaman bibit pohon Jati.

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Bantar Waru, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu itu mengusung tema “Hutan untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat”.

Asisten perhutani, Brayudanto Hardiyadi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat.

Brayudanto pun mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mennghijaukan sepanjang  kaki jalan dan kaki jalan tol sebagai jalur hijau.

“Kami terus melakukan observasi serta menjadikan lahan perhutani Indramayu tetap hijau dan menjaga kelestarianya,” kata Brayudanto.

Dia pun menegaskan bahwa semangat Hari Bakti Rimbawan ini harus selalu menyatu dalam setiap jiwa untuk menjaga lingkungan yang sehat tanpa asap.

“Semua dapat terwujud dengan jerih payah yang kuat dari LMDH dalam upaya pengendalian karhutla baik pencegahan maupun pemadaman,” ujarnya.

Melalui sosialisasi yang dilakukan pihaknya bersama LMDH dan masyarakat, dirinya mengajak seluruh elemen untuk melakukan patroli.

“Tujuannya untuk pencegahan mulai dari tingkat tapak dengan tujuan agar semua lapisan masyarakat dan para pihak memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan sekitarnya dari ancaman karhutla yang berdampak pada asap,” pungkasnya. (*)