Diskominfo Indramayu Ajak Babinsa Bijak Bermedia Sosial

Bagikan Berita Ini
  • 16
    Shares

Reporter: Alen Dellon

 

KORANSIDAK.CO.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu dipercaya oleh Kodim/0616 Indramayu menjadi narasumber yang mengangkat tema “Bijak Bermedia Sosial dan Tangkal Berita Hoaks” kepada puluhan anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Aula Markas Kodim 0616 Kabupaten Indramayu, Jum’at (15/3).

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan komunikasi sosial anggota Kodim 0616 Kabupaten Indramayu.

Diskominfo Kabupaten Indramayu melalui Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) H. Dedy Suprayogi memberikan sejumlah materi yang direspon sangat baik oleh puluhan Babinsa se Kabupaten Indramayu.

Kepala Bidang IKP Diskominfo, H. Dedy Suprayogi menyampaikan, komunikasi merupakan proses interaksi seseorang dengan orang lain, dan informasi digunakan untuk saling terhubung dengan lingkungan dan orang lain, baik menggunakan media sosial maupun media cetak.

Kemajuan teknologi komunikasi saat ini, lanjut Dedy, juga memberikan banyak dampak positif dan negatif yang berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

“Dampak positifnya komunikasi dan informasi dapat dijangkau dengan cepat dan efesien namun dampak negatifnya dapat menggiring seseorang percaya terhadap berita hoaks atau bohong apabila salah menyikapinya,” jelas dia.

Selain itu kata Dedy, kemajuan teknogi komunikasi juga berdampak pada media elektronik seperti radio yang sudah jarang didengarkan oleh masyarakat.

Untuk itu lanjutnya, dengan maraknya penyebaran berita hoaks atau bohong di dunia maya, maka Babinsa selaku pelindung masyarakat dan pertahanan negara berperan penting bagi lingkungan sekitar agar terhindar dari berita bohong yang tidak diketahui secara nyata kebenarannya.

“Masyarakat sebagai pengguna media sosial juga harus mengkampanyekan bijak bermedia sosial, apabila (menemukan, red) berita hoaks dapat menggunakan portal aduan yakni www.kominfo.go.id/content, yang disediakan pemerintah pusat,” pungkasnya. (*)