Peringati HPSN, Siswa SMAN 58 Jaktim, Kunjungi TPST Bantargebang

Bagikan Berita Ini
  • 7
    Shares

 

Reporter: Suhadi
Editor: Hamdan Bhulle

 

KORANSIDAK.CO.ID – Memperingati hari peduli sampah nasional (HPSN) 2019, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta bersama ratusan pelajar dari SMAN 58 Jakarta Timur dan SMP, SMA, Marie Joseph, SMP Santo Yakobus, SMA AL-IZHAR, mengadakan acara di tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST) Bantargebang, Kota Bekasi, Selasa (12/3).

Di TPST Bantargebang, para pelajar berkeliling melihat perlengkapan alat berat yang digunakan untuk pengelolaan sampah.

Selain itu, rombongan pelajar kemudian melihat kondisi proses membuat komposting (sampah pasar yang di proses menjadi pupuk organix).

Para siswa SMAN 58 Jakarta Timur juga mengadakan simulasi cara memilah sampah di kompsting dengan semangatnya para siswa-siswi memilah sampah.

Guru SMAN 58 Jakarta Timur, Ibu Heni menyatakan kegiatan yang dilakukan pihaknya bertujuan agar siswa-siswi dapat melihat langsung pengolahan sampah.

“HPSN sengaja kami laksanakan di TPST Bantargebang, agar siswa bisa melihat langsung proses pengelolaan sampah yang ternyata tidak mudah seperti membalikan telapak tangan, selama ini kita hanya melihat dari media online maupun media TV saja,” ujarnya.

Asep Kuswanto, Kepala UPST DLH Provinsi DKI Jakarta, menyatakan jika pihaknya setiap tahun selalu memperingati HPSN. Namun di tahun 2019 ini, menurutnya, DLH Provinsi DKI Jakarta memperingati HPSN bersama pelajar.

“DLH akan terus melakukan sosilisasi cara membuang dan memilah sampah. Kita juga memberikan peralatan untuk membersihkan sampah berupa sapu lidi, cangkram, golok, cangkul ke masing-masing sekolah, selain itu juga kita memberikan pupuk organix untuk tanaman serta memberikan piagam penghargaan HPSN 2019,” tutupnya. (*)


TAG