Evaluasi Kinerja, Lurah Kebalen: Ada Kerjasama, Atasan Dengan Bawahan

Bagikan Berita Ini

Reporter: Karta Sasmita
Editor: Hamdan Bhulle

 

KORANSIDAK.CO.ID – Dalam rangka mengevaluasi kinerja kelurahan selama dua tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi kembali menggelar seleksi Lomba Kelurahan 2019 di tingkat Kabupaten.

Seperti yang dilakukan di Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan, Selasa (12/3). Pada seleksi tahap pertama ini, masing-masing kepala seksi (Kasi) di kelurahan diberi kesempatan untuk memaparkan evaluasi program yang telah dilakukan.

Setelah pemaparan, tim juri yang terdiri dari instansi terkait akan melakukan penilaian pada masing-masing kelurahan.

Salah seorang tim seleksi penilai sekaligus Kasubag Pemerintahan Umum pada Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Bekasi, Indra Satria mengatakan, ada beberapa kriteria yang dijadikan acuan penilaian.

“Tahap pertama ini, kita menilai dari performanya. Kita nilai kesesuaian yang dipaparkan dengan yang di buku. Juga kerjasama dalam menyelesaikan masalah,” jelas Indra, Selasa (12/3).

Sementara itu, Lurah Kebalen Ganda, mengatakan, dengan adanya penilai kinerja ini merupakan suport kinerja agar kedepan bisa lebih bersinergi.

“Artinnya ada kerjasama yang baik antara atasan dengan bawahan,” kata dia.

Sementara menurut Deni Mulyadi Camat Babelan mengatakan, lomba kinerja kelurahan itu akan rutin dilakukan setiap tahunnya.

Tujuannya kata Deni, agar terciptanya perubahan dan perkembangan di tingkat kelurahan. “Kedepan, kelurahan yang berhasil menjadi juara akan maju ke tingkat provinsi,” ujarnya.

Untuk itu, menurutnya diperlukan sinergi antar seluruh aspek mulai dari PKK hingga lembaga pemberdayaan masyarakat Kelurahan (LPMK), dan RT, RW.

“Evaluasi ini nanti bukan masalah menang dan kalah. Intinya, bagaimana perkembangan kelurahan di tahun ini bisa dilihat. Apakah ada perubahan dan peningkatan atau belum,” pungkasnya. (*)