Tujuh Pejabat Resmi Dilantik, IAIN SNJ Cirebon Bersiap Menjadi UIN

Bagikan Berita Ini
  • 6
    Shares
Reporter: M. Nurudin

 

KORANSIDAK.CO.ID – Pasca pelantikan ketujuh pejabat di lingkungan akademisi IAIN Syech Nurjati Cirebon, pada Jum’at (8/3) pekan lalu. Rektor IAIN Syech Nurjati Cirebon, DR H Sumanta MAg, menjelaskan, bahwa setelah melalui serangkaian seleksi, tujuh pejabat di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon resmi dilantik.

DR H Sumanta menjelaskan, posisi yang ditempati itu sudah berdasarkan hasil penilaian panelis juga sesuai dengan latar belakang pengalaman dan pendidikan yang dimiliki masing-masing.

“Sebelum dilantik, mereka harus mengikuti serangkaian seleksi, kemudian dinilai oleh panelis. Mereka yang kini menduduki posisi-posisi strategis merupakan orang yang amanah untuk breakdown, terutama untuk akselerasi program dalam rangka menjalankan visi misi rektor. Jadi mereka yang dilantik sudah melalui serangkaian selekai atau tes,” paparnya.

Akselerasi program yang dimakaud, kata Rektor IAIN SNJ, yakni pengembangan kampus, persiapan peralihan status dari Institut ke Universitas dan ini harus dipersiapkan tahapan-tahapannya.

“Ada dua yang perlu dipersiapkan, yakni mempersiapan software dan hardware. Dan yang menyangkut peralihan ke UIN itu tidak satu departemen, baik itu Kementerian Agama, Dikti dan Menpan, dan juga ke Sesneg untuk sampai ke Presiden, karena memang pengalihan status dari Institut ke universitas ini menggunakan SK Presiden, berarti sebelum itu, harus ada persiapan-persiapan untuk sampai ke SK Presiden tersebut,” ucapnya.

Rektor IAIN SNJ Cirebon juga menjelaskan ketujuh pejabat iyang dilantik itu adalah Warek 1, Dr. Saefuddin Zuhri M.Ag, Warek 2 Dr. H. ADIB M.Ag, Warek 3 Dr. H.Ilman Nafi’a M.Ag kemudian Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H.Dedy Djunaedi M.Ag, Dekan FITK Dr. H farihin Nur MPd, Dekan FUAD Dr. Hajam MAg serta Dekan FSEI Dr. H. Aan Jaelani M.Ag.

Sementara itu, Dekan FITK, IAIN SNJ Cirebon terlantik, DR H Farihin mengaku jika dirinya mendapat amanah dan dirinya pun siap menjalankan tugas dan amanah rektor.

Dijelaskan, dalam menjalankan program di FITK ini, Farihin memiliki prinsip pengelolaan fakultas dengan prinsip “ARIF” yakni Adabtif, Responsif, Inspairing dan Futuristik.

Ini adalah prinsip untuk mengelola fakultas dan dirinya dibantu oleh rekan-rekan fakultas, baik wakil dekan, Ketua Jurusan serta Sekjur, Kabag Fakultas, dosen, staff dan lainnya dalam membangun fakultas ini.

“Jadi, semua usaha kita diorientasikan untuk pengembangan lembaga, tentu dengan harapan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan kedepan harus lebih maju dibanding periode sebelumnya dan ini seiring dengan spirit Pak Rektor yang ingin membawa lembaga ini pada ekselerasi dari Institut menjadi Fakultas dan dari BNBP menjadi BLU, maka Fakultas pun harus seiring dengan harapan dan visi misi Pak Rektor,” jelasnya.

Farihin juga berharap, di fakultas ini dirinya ingin ada peningkatan akademik, peningkatan atau pemenuhan infrastruktur sarana prasarana terutama terhadap kebutuhan mahasiswa, baik kebutuhan yang bersifat prinsip maupun kebutuhan yang bersifat penunjang.

Kemudian di fakultas juga ada keinginan untuk peningkatan pada sisi yang menjadi kebutuhan mahasiswa dan kegiatan kemahasiswaan.

Jadi intinya, tandas Farihin di tahun pertama ini  pihaknya ingin terlebih dahulu melakukan penataan dalam kelembagaan, dan dipastikan orang-orang yang akan membantu ini adalah orang-orang  yang ahli di bidangnya.

Di tahun kedua pihaknya akan mendorong semua jurusan yang ada untuk mendapatkan akreditasi A. Sebab saat ini baru 2 jurusan yang mendapatkan akreditasi A, sisanya yang 8 jurusan akan segera didorong untuk mendapatkan akreditasi A.

“Di tahun ketiga nanti, kita ingin melihat ada prestasi mahasiswa di tingkat internasional atau paling tidak di tingkat nasional dari berbagai event dan ini tentu akan membawa nama harum fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan,” ujarnya.

Dan di tahun keempat, pihaknya akan mengevaluasi dari seluruh rangkaian kegiatan mana yang sudah berhasil dan mana yang belum.

“Dari semua ini, kami ingin fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan menjadi garda terdepan mensuport visi misinya Pak Rektor,” tandas DR H Farihin Nur, MPd, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN SNJ Cirebon untuk petiode 2019-2023. (*)