Akibat Saluran Air Mampet, Pemukiman Warga Banjir

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: Karta Sasmita
Editor: Hamdan Bhulle

 

GOTONG ROYONG: Warga Kampung Baru bahu membahu membersihan sampah dan lumpur yang ada di saluran air. (Foto: Karta Sasmita)

KORANSIDAK.CO.ID – Warga Kampung Baru, RT 13/04, Desa Kedung Pengawas, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi menuding jika banjir yang kerap kali melanda kampungnya itu akibat saluran air yang mampet.

Warga setempat mengatakan, saluran air (gorong-gorong) mampet akibat endapan lumpur. Parahnya lagi, kejadian itu sudah hampir lima tahun.

“Ini gara-gara saluran air gak berpungsi. Kami sering kebanjiran setiap kali ada hujan. Gorong-gorongnya mampet tertutup sampah dan lumpur dan ini terjadi sudah hampir 5 tahun lalu,” kata H Alih (67), warga RT13/04 Kampung Baru.

Akibat sering kebanjiran, akhirnya warga setempat melakukan gotong royong membersihkan endapan lumpur yang ada di saluran tersebut.

Karena posisi gorong-gorong berada di bawah saluran sekunder dan irigasi, warga kesulitan untuk membersihkan lumpur tersebut.

“Ya terpaksa dilakukan secara manual, kita pakai bambu dan pipa untuk menyemprot air dari slang mesin pompa,” kata dia.

Hal itu dilakukan kata dia, untuk mengurangi dampak genangan air hujan yang membajiri lingkungan warga.

Meskipun upaya yang dilakukan warga tidak maksimal, namun kata dia, dengan berkurangnya endapan lumpur diharapkan air dapat mengali.

“Biar pun mengalurnya sedikit, tapi alhamdulillah dapat mengurangi genangan di pemukiman kalau turun hujan,” kata H Alih. (*)