Presiden Hadiri Gebyar Bakso Merah Putih, Polres Metro Bekasi Terjunkan 967 Personil Gabungan

Bagikan Berita Ini

 

KORANSIDAK.CO.ID – Dalam rangka persiapan keamanan kegiatan Gebyar Bakso Merah Putih Indonesia Bersatu yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo di Kota Deltamas, Cikarang Pusat, selain mendapat pengamanan internal juga diamankan oleh 967 personil gabungan.

“967 personil gabungan tersebut terdiri dari Polisi, TNI, Dishub, Satpol PP Kabupaten Bekasi dan juga Pokdar Kamtibmas,” beber Kasubag Humas Polres Metro Bekasi AKP Sunardi yang ditemui usai acara yang dihelat Perkumpulan Pedagang Mie dan Bakso (Papmiso), Minggu (3/3) sore.

Sebelumnya, kata Sunardi, dilakukan apel kesiapan pengamanan. Sedangkan peserta apel adalah ratusan personel gabungan dari TNI-Polri yang disiapkan untuk mengamankan kunjungan Presiden RI.

“Dalam apel dilakukan pengecekan pasukan oleh pimpinan apel. Selanjutnya dibacakan amanat kepada peserta apel,” jelasnya.

Apel gelar pasukan ini, sambung Sunardi, dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel, kelengkapan sarana dan prasarana TNI-Polri beserta unsur terkait, sebelum diterjunkan dalam pengamanan di lapangan.

Ia berharap, semua perencanaan yang sudah disiapkan dapat berjalan optimal.

“Gelar pasukan ini bertujuan untuk mengecek sejauh mana kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai protap pengamanan VVIP, sehingga tidak terjadi kesalahan prosedur dalam pelaksanaan di lapangan,” paparnya.

Dia menambahkan, gelar pasukan ini juga sebagai sarana untuk berkoordinasi antar unsur. Dalam pengamanan katanya, diperlukan kejelasan tugas dan tanggung jawab serta rantai komando yang efektif dan efisien agar tujuan dan maupun sasaran pengamanan dapat tercapai secara optimal.

“Petugas gabungan tidak pernah ragu dalam bertindak dan selalu meningkatkan koordinasi secara optimal dengan seluruh unsur terkait dalam pengamanan. Tidak ada istilah rutinitas dalam pengamanan VVIP untuk mencegah adanya kelengahan,” pungkasnya. (KSD)