Gara-gara Gak ada Plang, Warga Sulit Cari Kantor Dinas di Kab Bekasi

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: Hamdan Bule

 

Ilustrasi (ist)

KORANSIDAK.CO.ID – Sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) seperti dinas/badan atau instansi pemerintah di Kabupaten (Pemkab) Bekasi rupanya masih banyak yang belum memasang “Plang Nama”.

Hal tersebut membuat warga kesulitan ketika mencari lokasi kantor dinas/badan untuk keperluan mengurus administrasi seperti mengurus kartu keluarga (KK), akte kelahiran, keperluan sekolah dan lainnya.

Yayat salah seorang warga kepada koransidak.co.id mengaku sudah dua kali mencari kantor catatan sipil.

“Ya sulit, enggak ada plang nama instansi maupun petunjuk lokasi dinas. Saya sudah dua kali bolak balik,” ujar Yayat, saat menanyakan lokasi yang dituju, Jumat (1/3).

Dari pantauan koransidak.co.id, di kompleks Pemerintahan Kabupaten Bekasi, memang belum banyak instansi yang memasang plang nama.

Bahkan hal itu dibenarkan salah satu pedagang yang ditemui koransidak.co.id. Pedagang yang biasa berjualan di wilayah setempat membenarkan jika masih banyak warga yang menanyakan lokasi dinas atau instansi.

“Hampir setiap hari, banyak warga mondar-mandir cari kantor dinas. Yang sering dicari warga kebanyakan Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan,” katanya seraya meminta namanya dirahasiakan.

Menanggapi hal itu, Ketua Lembaga Ekonomi Sosial (Leksos) Nurani Nusantara, Kabupaten Bekasi, Rochmatillah mengatakan, hendaknya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui dinas terkait segera membuat plang nama instansi di setiap SKPD yang ada di Kompleks Perkantoran Pemkab Bekasi.

“Yah memang sejak dulu, beberapa instansi belum membuat plang nama instansi, sehingga masyarakat bingung ketika mencari dinas atau badan yang mereka tuju,” bebernya.

“Pembuatan plang nama dinas atau instansi itu kan enggak terlalu mahal. Kami berharap para Kepala SKPD segera merealisasikannya agar mempermudah masyarakat mencari kantor dinas atau instansi yang dituju. Ini kan bentuk pelayanan juga,” tambahnya. (*)