Gelar Rapat Kebijakan Umum Ketahanan Pangan, Ini Kata Agus Trihono

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: Hamdan Bule

 

KORANSIDAK.CO.ID – Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi, H. Agus Trihono mengatakan, rapat Pra pleno Dewan Ketahanan Pangan terkait Kebijakan Umum Ketahanan Pangan 2018-2022 Kabupaten Bekasi yang dilaksanakan di Hotel Batiqa, Cikarang, membahas penataan pertanahan dan tata ruang wilayah dalam rangka mencegah konversi lahan pertanahan yang mengancam ketahanan pangan.

Yakni dengan melaksanakan program, penyusunan tata ruang daerah dan wilayah yang mampu mendukung pewilayahan komoditas unggulan.

Selain itu katanya, perbaikan rencana tata ruang daerah dan wilayah (RTRW) secara terkoordinasi dan perbaikan rencana detail tata ruang (RDTR) secara terkoordinasi.

Selain itu, tambah mantan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi ini, mengoptimalkan lahan pertanian dalam rangka meningkatkan produktifitas dan mencapai ketahanan pangan.

Dengan program di antaranya yakni penyusunan RTRW sebagai amanat UU No. 26 tahun 2007 tentang Tata Ruang, Perbaikan administrasi pertahanan dan sertifikasi lahan dan pemberdayaan petani pemilik/penggarap LP2B serta Insentive LP2B (Pupuk bersubsidi, Alsin, Jaringan irigasi).

“Kegiatan tersebut merumuskan arah kebijakan umum yang akan diselaraskan dengan rancana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan rencana kerja (Renja) SKPD ke depan,” beber Agus.

Hadir sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bekasi di antaranya Dinas Sosial, Dinas Kominfo, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Balitbang dan lainnya. (*)