Pengadaan Tanah Jalan Tol, BPN Kab Bekasi Lakukan Sosialisasi

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: Endang Kosasih

 

KORANSIDAK.CO.ID – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Senin (25/2) melakukan pertemuan dengan pemilik lahan. Pertemuan yang dihadiri warga Desa Wibawamulya dan warga Desa Ridomanah itu dilaksanakan di Kampung Tegal Panjang, Desa Wibawamulya, Kecamatan Cibarusah, untuk sosialisasi pelaksanaan pengadaan tanah untuk jalan Tol Jakarta – Cikampek II sisi selatan.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala BPN Kabupaten Bekasi, Deni Santo, PPK Kementerian PUPR, Nurbaiti, Kapolsek Cibarusah, AKP Sukarman, perwakilan Pengadilan Neger Kabupaten Bekasi, Candra SH, serta perwakilan dari Kejaksaan Negeri Bekasi A.G Putrantio. Selain itu hadir pula Kepala Desa Wibawamulya, Muhdi, dan Kepala Desa Ridomanah, Oden.

“Pengadaan tanah untuk jalan tol tidak ada perantara (calo), kami (BPN) mendapat tugas sebagai penyedia tanah, jadi BPN berdiri di tengah sebelum dilakukan pembangunan maupun penyediaan tanah yang selanjutnya akan dilakukan inventarisir terhadap objek yang akan dibebaskan,” kata Kepala BPN Kabupaten Bekasi, Deni Santo.

Menurut Deni, warga pemilik lahan tidak perlu khawatir dengan barang atau bangunan yang berdiri diatasnya. Karena kata Deni, pohon yang ada pun masuk kedalam daftar nominatif.

“Kami harap pemilik lahan mengikuti semua tahapan yang dilakukan pelaksana penyedia tanah,” terangnya.

Sementara menurut PPK Kementrian PUPR, Nurbaiti mengatakan, jika wilayah Kabupaten Bekasi ada 4 kecamatan yang terkena pembebasan jalan tol. Empat wilayah itu terdiri dari 14 desa.

“Yang terkena jalan Tol ada 14 Desa, dari 4 Kecamatan yakni Kecamatan Setu, Serang Baru, Cibarusah, dan Kecamatan Bojong mangu,” terang Nurbaiti. (*)