Monitoring Pemanfaatan Tata Ruang, Ini yang Dilakukan Pemdes Sukamekar

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: Bisot

 

KORANSIDAK.CO.ID – Sejumlah perusahaan dan pengembang perumahan yang ada di wilayah Desa Sukamekar pagi ini mendapat pemeriksaan administrasi oleh Perangkat Desa Sukamekar, Sukawangi, BPD, LPMD, Karang Taruna didampingi BINMASPOL dan BABINSA.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya silaturahim antara perangkat desa dan perusahaan yang ada di wilayah setempat.

Setidaknya ada 3 perusahaan dan 3 pengembang properti atau perumahan yang dikunjungi, Senin (25/2).

“Kegiatan monitoring pembangunan dan pemanfaatan tata ruang ini adalah untuk melihat kembali sejauh mana perusahaan memenuhi izin-izin yang diperlukan dan kami sebagai pemerintahan desa dapat membantu mengembangkan usaha mereka, selebihnya adalah mempererat silaturahim dan jalur komunikasi” ungkap Taufik Hidayat Nur selaku Sekretaris Desa.

Taufik juga berharap dengan adanya kegiatan silaturahim ini mampu menjaga keharmonisan antara perangkat desa dan pihak perusahaan, serta perusahaan mampu memberikan asas kebermanfaatan di mana perusahaan dan pengembang itu didirikan.

“Asas Kebermanfaatan ini maksudnya baik dari penyerapan dan pemberdayaan tenaga kerja dari warga sekitar dan pemanfaatan fasilitas sosial dan fasilitas umum bagi para Pengembang Perumahan” jelas Taufik.

Meski ada beberapa pihak manajemen yang tidak dapat ditemui, Ia berharap Perusahaan dapat koperatif dan bisa datang bersilaturahim ke Kantor Desa Sukamekar untuk melaporkan kegiatan perusahaannya terkait pembuangan limbah, dampak lingkungan dan lain sebagainya.

Saefudin Zuhri ketua LPMD Sukamekar yang hadir dalam kegiatan monitoring ini juga menyampaikan agar terjalin komunikasi yang baik antara masyarakat dan perusahaan.

“Komunikasi yang baik juga untuk mecegah adanya pihak-pihak yang ingin mencoba bermain atau memanfaatkan adanya pabrik atau perumahan untuk kepentingan pribadi tanpa memperhatikan porsi pemberdayaan yang seharusnya masyarakat terima dari pengembang yang ada di desa Sukamekar” pungkasnya. (*)