Warga Cibarusah Terjangkit DBD, Camat Baru Lakukan Fogging?

Bagikan Berita Ini

 

Reporter : Endang Kosasih

 

KORANSIDAK.CO.ID – Anilda Bilkis (5) putri dari Deden warga Desa Cibarusah Jaya, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi beberapa hari lalu mengalami sakit serius. Sakit yang dideriya Anilda diduga akibat terjangkit demam berdarah.

Akibatnya Anilda harus mendapat penanganan medis secara intensif selama 5 hari.

“Demamnya tinggi, badan menggigil dan saat itu kami sangat panik, kami langsung bawa ke rumah sakit. Dari hasil pemeriksaan laboratorium anak kami di vonis DBD,” jelas nya

Sementara itu menurut Kepala Puskesmas dr Adi Pranaya mengatakan, jika pihaknya sudah menerima laporan ada warga yang terjangkit DBD. Bahkan kata Adi, laporan yang diterima pihaknya ada lima orang warga yang terserang.

“kalau laporan memang ada 5 orang, tetapi hanya demam tinggi aja, terus di rawat dan itu belum tentu terkena DBD, atau demam berdarah tinggi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, demam tinggi belum tentu terserang DBD. Karena demam tinggi bisa dinyatakan DBD jika ada diagnosa dari dokter yang merawat.

“Baru bisa dikatakan demam berdarah setelah ada hasil lab, dan tidak bisa di rawat di klinik maupun Puskesmas, itu penanganannya harus ke rumah sakit,” kata dia.

Menanggapi itu, Camat dan Kepala Puskesmas Cibarusah, Senin (11/2) langsung melakukan pengasapan (Fogging) di rumah warga di wilayah Desa Cibarusah Jaya.

“Sebenarnya kita memang sudah ada program untuk mengantisipasinya. Apalagi ada laporan jika ada warga yang terjangkit DBD,” kilah Camat Cibarusah, Enop Can. (*)