Kasak-kusuk Cari Posisi, Bocoran Nama ASN Sudah Muncul Bakal di Mutasi?

Bagikan Berita Ini

 

Ilustrasi

KORANSIDAK.CO.ID – Bekasi Corruption Watch (BCW) menuding jika banyak oknum aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, sepertinya tidak fokus dalam melaksanakan kegiatan pembangunan.

“Apalagi, pasca ditangkapnya Bupati Bekasi (non-aktif) Neneng Hasanah Yasin oleh KPK-RI dan ditetapkannya Eka Supria Atmaja sebagai Pelaksana Tugas (Plt),” kata Fajar Sekjen BCW, kepada koransidak.co.id, Senin (4/2).

Mereka (oknum ASN) kata Fajar, malah langsung bergegas kasak kusuk dalam mereposisi jabatannya masing-masing.

“Di saat yang bersamaan, muncul pula para makelar jabatan yang mengaku dekat dengan lingkaran Plt Bupati dan bisa mempengaruhi Eka dalam pelaksanaan mutasi promosi,” ujarnya.

Sementara itu, aktivis partai politik yang juga dekat dengan Eka saat disambangi koransidak.co.id tidak menampik dan mengakui fenomena itu.

“Ya bagaimanapun mereka kan butuh pengembangan dalam kariernya sebagai ASN, mas”, katanya seraya meminta agar namanya tidak ditulis sebagai sumber.

Akan tetapi, lanjutnya, Plt Bupati sendiri tentu memiliki kriteria tertentu buat para ASN yang akan dipromosi dan dimutasi dalam rangka menunjang kinerjanya sebagai orang nomor satu di Kabupaten Bekasi.

“Kami hanya menyodorkan atau tepatnya menyumbang nama yang menurut tim kami pas dalam menduduki jabatan tertentu, syukur kalau hal tersebut diakomodir oleh pak Eka”, jelasnya.

Berdasar informasi yang diperoleh koransidak.co.id, sejumlah kepala dinas dan kepala badan, dalam waktu dekat ini akan mengalami reposisi jabatan.

Untuk Kepala BKPPD, kabarnya akan diduduki oleh Alisyabana, DPMPTSP secara defenitif akan dijabat oleh Ida Farida, sementara Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak akan dijabat Aat Barhaty.

Kemudian kabarnya, Rohim Sutisna akan bergeser menjadi Kepala Dinas Budpora, sementara jabatan Kepala Kominfosantik akan dijabat Sutia Resmulyawan.

Pejabat yang dikabarkan sangat dekat dengan Eka, Juhandi dan Peno Suyatno informasinya akan menduduki jabatan masing-masing sebagai Kepala Bappeda dan Kepala Dinas LH.

Yana Suyatna kabarnya akan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Suhup ditempatkan pada jabatan Kepala Dinas Perindustrian.

Sejumlah nama lain juga akan bergeser, sesuai dengan hasil uji kompetensi eselon II yang sudah dilaksanakan pada bulan lalu.

Sedangkan untuk jabatan eselon III dan IV, akan dilaksanakan setelah pelaksanaan open-bidding jabatan eselon II. (KSD)