Kemenag RI Gelar FGD Bagi Persiapan SPAN-UM PTKIN

Bagikan Berita Ini

Reporter : M. Nurudin

 

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin

KORANSIDAK.CO.ID – Berbagai terobosan tengah dilakukan institusi yang mempayungi urusan bidang agama ini. Bahkan di bidang pendidikan pun Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri tak kalah maju dan modernya dengan PTN lainnya.

Belum lama ini, Kementerian Agama RI Menggelar Acara Focused Group Discussion (FGD) dalam rangka Persiapan untuk Pelaksanaan Seleksi Prestasi Akademik Nasional – Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) di Hotel Borodudur Jakarta. Rabu, (23/01).

Seleksi Prestasi Akademik Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN), merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

SPAN-UM PTKIN sendiri merupakan salah satu program Kementerian Agama RI yang telah ada sejak tahun  2010 dan SPAN pada tahun 2013. Tujuannya untuk menjaring calon mahaisiswa baru yang akan menempuh pendidikan yang lebih tinggi di PTKIN.

“Ini merupakan tahap awal untuk mendapatkan calon-calon terbaik mahasiswa, yang kemudian ouputnya tidak hanya memberikan dampak terhadap bangsa dan negara tetapi juga peradaban kehidupan bersama,” ujar Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin saat memberikan sambutan pada acara tersebut, Rabu (23/1).

Menteri Agama juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kapada semua pihak atas partisipasi menyukseskan SPAN-UM PTKIN. “Kita bersyukur peminat SPAN-UM PTKIN setiap tahunnya terus meningkat” lanjut beliau. (*)