APK Tidak Pada Tempatnya, Bawaslu Jakbar Peringati Partai dan Caleg

Bagikan Berita Ini

Reporter : Tidar Sanjaya

 

KORANSIDAK.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Barat mengingatkan kepada partai politik dan calon legislatif (Caleg) untuk tertib dan segera menurunkan alat peraga kampanye (APK) partai yang di pasang di Jalan Panjang, Kedoya Utara, Jakarta Barat.

Hal itu dilakukan Bawaslu karena menanggapi aduan dari masyarakat soal pemasangan APK yang dipasang di sembarang tempat. Karena APK yang terpasang diduga tidak sesuai aturan.

“Karena belum lama ini ada salah satu partai yang melakukan acara ulang tahun dan banyak yang memasang APK (dalam hal ini yang di larang), tapi kita toleransi sesuai dengan izin waktu yang berlaku,” ujar Syukur Divisi Hukum Data dan Informasi saat di konfirmasi koransidak.co.id, Selasa (22/01).

Kendati demikian kata Syukur, Bawaslu juga telah melakukan pendekatan persuasif terlebih dahulu dengan membangun kesadaran terhadap partai dan para caleg.

“Biasanya partai politik setelahnya (HUT-red) yang di tentukan tidak menurunkan, ini yang kami sesalkan, maka kami himbau kepada partai politik untuk tertib dan segera menurunkan APK nya, jangan sampai ada aduan masyarakat, atau nanti ada partai yang menilai kita tidak menindak dan jangan sampai partai lain juga ikutan memasang di area terlarang,” sesalnya.

Syukur menekankan kepada Partai politik untuk mentaati peraturan yang sudah diberikan, jangan sampai toleransi itu di salah gunakan dengan cara membiarkannya.

“Kami dari Bawaslu Jakbar akan menindak tegas dan akan melakukan pemanggilan bila tidak di turunkan dan akan kami viralkan, sesuai dengan SK KPU 175 soal titik yang di larang termasuk di Jl. Flayover dan fasilitas umum lainnya,” tegas Syukur. (*)