Desa Sumbersari Realisasikan DD Sesuai Harapan Warga

Bagikan Berita Ini

Reporter : Eka Sri Purnama
Editor : Hamdan Bule

 

KORANSIDAK.CO.ID – Kepala Desa Sumbersari, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Didin Samsudin mengatakan, pihaknya telah merealisasikan usulan warga. Bahkan kata dia usulan tersebut dapat terealisasi sesuai dengan harapan.

“Allhamdulilah pembangunan di Desa Sumbersari dilaksanakan sesuai usulan masyarakat yang diajukan dalam musyawarah dan direalisasikan,” ungkap Didin Samsudin, Kamis, (17/01) diruang kerjanya.

Didin menjelaskan, pengerjaan pembangunan fisik yang di danai dari Dana Desa (DD) di beberapa titik telah dikerjakan sesuai rencana anggaran biaya (RAB) yang ada.

“Pengerjaan yang kami kerjakan secara transfaransi dan dapat dilihat langsung oleh masyarakat. Ini semua untuk kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Seperti di tahun 2017, pemerintah desa (Pemdes) Sumbersari menerima alokasi Dana desa (DD) sebesar Rp.465.638.833. Dana tersebut telah dikerjakan dan realisasinya sesuai dengan harapan masyarakat.

Hal senada dikatakan Ketua TPK, Ahmad Solandi. Dia menjelaskan, bahwa realisasi DD tahun 2017 dialokasikan untuk pembangunan jalan Hotmix di RT 07, RT 04 dengan panjang 475 meter dengan lebar 2,5 meter, rabat beton, gorong-gorong, paving block di dusun I dan II.

Kemudian lanjutnya, sebagian dana dipergunakan untuk membangun turap penahan tanah (TPT) di RT 01 yang berfungsi sebagai drainase dan saluran irigasi pertanian wargan dan selain itu juga dilaksanakan pembangunan Posyandu.

Ahmad Solandi menambahkan, berkat adanya kerjasama dan sinergitas antar lembaga dengan masyarakat serta instansi terkait, sehingga dalam pengelolaan dana desa dapat optimal, efektif, efisien dan akuntabel.

“Terwujudnya peningkatkan sarana prasarana pembangunan, hingga masyrarakat mengapresiasi kinerja Pemdes Sumbersari, yang telah mengoptimalkan pembangunan melalui berbagai kajian, potensi yang mencakup segala aspek sehingga semua kebutuhan masyarakat dapat terakomodir,” pungkasnya. (*)