Dikeluhkan Warga, DPRD Bakal Geruduk Puskesmas Cikarang Utara

Bagikan Berita Ini

reporter: sarman faisal

H. Danto

KORANSIDAK.CO.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi berencana akan menggeruduk Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Cikarang Utara. Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti adanya pengaduan dari masyarakat yang mengeluhkan akan minimnya fasilitas yang tidak mendukung yang diberikan saat ini.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, H. Danto mengatakan, saat ini pelayanan puskesmas dipindahkan sementara ke gedung Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), karena bangunan puskesmas itu tengah dilakukan pembangunan.

“Sudah diagendakan, kita Komisi I dan Komisi III akan mendatangi Puskesmas Cikarang Utara,” kata Danto di ruang kerjanya, Selasa (18/12).

Ditambahkan, Komisi I akan mempertanyakan terkait pelayanan yang diberikan selama menumpang di gedung Damkar karena banyak menuai keluhan.

“Pelayanan puskesmas sementara numpang di gedung Damkar, ngontrak atau bagaimana mekanismenya kami belum tahu,” bebernya.

Menurutnya, dengan beban kerja yang sangat luas, pelayanan puskesmas di Cikarang Utara harusnya bisa memberikan pelayanan yang terbaik.
Tentunya harus didukung sarana dan prasarana yang baik. Sebab, kata diq, jumlah peduduk di Cikarang Utara sangat padat.

“Pelayanan puskesmas khususnya di Cikarang Utara harus maksimal karena jumlah penduduknya sangat banyak,” imbuhnya.

Dijelaskan, tujuan DPRD mendatangi puskesmas itu sendiri untuk melakukan perbaikan, jika ada kebijakan-kebijakan yang memghambat pelayanan bagi masyarakat. Dengan demikian lanjutnya, bisa dicarikan solusi jika DPRD dan Pukesmas bersinergi.

“Tujuannya kita sama-sama tingkatkan pelayanan, jika ada masalah ya kita carikan win-win solutionnya,” tandasnya.

Sedangkan Komisi III sendiri, sambung Danto, akan melihat dan mempertanyakan terkait fisik pembangunanya. Sebab, katanya, saat ini sudah memasuki bulan Desember, srharusnya semua kegiatan pembangunan sudah selesai karena sudah close anggaran.

“Untuk Komisi III akan sidak bangunannya. Kalau Komisi I terkait pelayanannya dan assetnya. Untuk sidaknya kita menunggu mendapat persetujuan dari pimpinan DPRD,” pungkasnya. (*)