Libur Natal dan Tahun Baru, Dinkes Kab. Bekasi Siapkan 13 Posko Kesehatan

Bagikan Berita Ini

reporter: sarman faisal

Wawan Hernawan

KORANSIDAK.CO.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi sedikitnya menyiagakan 13 posko pelayanan kesehatan selama libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Rincian pendirian posko yaitu tiga titik berada di jalur tol Jakarta-Cikampek dan sisanya titik lainnya di jalur jalan raya arteleri.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Wawan Hernawan mengatakan, pendirian posko kesehatan merupakan bagian kesiapsiagaan Pemkab Bekasi untuk antisipasi selama libur natal dan tahun baru yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan dan bantuan gawat darurat apabila terjadi insiden kecelakaan.

“Untuk titik sama seperti tahun-tahun kemarin seperti saat mudik lebaran. ada 7 posko yang penting banget di antaranya rest area 19 dan rest area 39. Sisanya dijalan-jalan arteri,” ujarnya, Senin (17/12)

Ditambahkan, rencana untuk posko kesehatan dioperasikan mulai H-1 hingga H+10 Natal dibuka 24 jam. Untuk kesiapsiagaan saat libur Natal dan Tahun Baru, Dinkes tidak hanya mendirikan posko, tetapi juga mengerahkan puluhan unit ambulans. Armada itu kata dia, disiapsiagakan untuk membantu saat terjadi insiden selama liburan.

“Disini banyak melibatkan ratusan tenaga medis dan puluhan armada ambulans dari puskesmas. Kalau masih bisa, kita tangani di posko ya di posko, jika tidak kami akan rujuk ke RS,” bebernya.

Pihaknya juga masih menunggu koordinasi, baik dari pihak kepolisan dan pihak lainnya, artinya jika ada usulan perubahan lokasi posko pihaknya akan mengikuti sepanjang lokasi itu memang benar-benar strategis.

‘Kita menunggu koordinasi dari pihak kepolisian kalau memang harus dipindah ya tinggal geser saja,” imbuhnya.

Masih kata dia, ke 13 posko itu dibuka di Kecamatan Tambun Selatan samping Bussines Park, Pasar Tambun, Lampu Merah Cibitung, Pos Pengamanan (Pospam) Kalijaya Cikarang Barat, sebelah PT. Indo Beras Unggul Kecamatan Kedungwaringin dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kedungwaringin.

“Dalam posko itu, tersedia fasilitas kesehatan yang cukup lengkap. Mulai tempat istirahat, obat-obatan, alat kesehatan dan itu diberikan secara gratis,” pungkasnya. (*)