Sosialisasi BPNT, Warga Babelan Datangi Kantor Desa Kedung Pengawas

Bagikan Berita Ini

 

Reporter : Karta Sasmita

KORANSIDAK.CO.ID – Warga dari beberapa desa di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Kamis (6/12), mendatangi kantor Desa Kedung Pengawas. Warga yang datang bukan untuk melakukan aksi, mereka (warga-red) adalah penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial RI (Kemensos).

Makhroja, Koordinator Pendamping PKH Kecamatan Babelan mengatakan jika BPNT merupakan peralihan dari Bantuan Sosial (Bansos) beras sejahtera (Rastra) tunai. Pihaknya kata dia, datang ke lokasi bersama dengan pihak Bank BNI.

“Ini peralihan Bansos Rastra tunai, sekarang jadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),” kata Makhroja.

Program ini kata Makhroja, merupakan tindak lanjut dari upaya pengentasan kemiskinan melalui sinergi Program Keluarga Harapan (PKH).

Warga atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menurutnya, akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Kartu itu kata dia nanti akan berisi saldonya.

“Kartu bisa digunakan di Warung Gotong Royong Elektronik (e-Warong),” katanya.

Sementara itu, koordinator tenaga kesejahteraan sosial Kabupaten Bekasi, Habibi mengatakan, untuk Rastra atau non PKH sama saja dan tidak ada pembedaan. Penerima hanya tinggal menunggu kesiapan kartu yang akan diproses nanti.

“Kartu Keluarga Sejahtera itu tidak bisa diuangkan, hanya dapat dibelikan barang di toko atau warung yang sudah bekerjasama atau sebagai penyedia layanan e-Warong,” jelas Habibi.

Penggunaan kartu menurutnya dengan harapan agar warga tidak mengeluarkan biaya sepersen pun untuk mendapatkan haknya.

“Keluarga miskin yang menerima bantuan PKH bisa langsung menggunakan kartu Combo nanti,” terangnya. (*)