Anggota Komisi V DPR RI Dengarkan Aspirasi Para Kuwu Soal Jaringan Irigasi Pertanian di Indramayu

Bagikan Berita Ini

reporter: nanang asmari

KORANSIDAK.CO.ID – Masih kurang optimalnya pembangunan jaringan irigasi pertanian di Kabupaten Indramayu, mengundang keprihatinan Yoseph Umarhadi, anggota DPR RI dari Komisi V Fraksi PDI Perjuangan.

Sebagai bentuk rasa tanggungjawabnya sebagai wakil rakyat, Yoseph Umarhadi melakukan kunjungannya ke sejumlah desa di Kecamatan Gantar dan Haurgeulis, saat melakukan resesnya.

Dalam reses tersebut, hadir Kuwu Desa Situraja, Saca, beserta perangkat desanya, para Kuwu se Kecamatan Haurgeulis, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Kuwu Situraja, Saca kepada awak media mengatakan, Desa Situraja, sebagai wilayah agraris pertanian, membutuhkan jaringan irigasi yang memadai dan maksimal. Untuk itu, dirinya berharap kepada Yoseph Umarhadi mewujudkan keinginan warganya yang mayoritas petani, agar dalam melakukan aktifitasnya di sawah tidak terkendala masalah air.

“Sekitar 700 hektar luas waduk Cipancuh yang difungsikan untuk mengairi areal pesawahan tiga Kecamatan, Gantar, Haurgeulis dan sebagian Anjatan. Namun, karena di musim kemarau seperti sekarang ini, fungsi dari waduk Cipancuh tidak berfungsi sama sekali,” beber Kuwu Saca, Senin (15/10).

Menurutnya, kondisi semacam itu memerlukan penanganan khusus dari pusat sebagai solusinya.

“Bayangkan saja, dari luas waduk Cipancuh yang 700 hektar, 700 KPH, areal pesawahan 618 hektar, jaringan irigasi yang baru terbangun tiga, sisanya masih banyak yang belum dibangun,” keluhnya diamini Raksa Bumi Encim Mulyana.

Yoseph Umarhadi berjanji akan segera melakukan pembenahan dan pembangunan secara masif bagi desa-desa yang memerlukan pembangunan jaringan irigasi. Namun kata Yoseph, sebelum melangkah, dirinya amlkan berkoordinasi dulu dengan pihak BBWS dan pihak terkait lainnya. (*)