Kabid Kebersihan Salut, Kades Kedung Pengawas Libatkan Warganya Bersihkan Lingkungan

Bagikan Berita Ini

reporter: budhie uban

Masyarakat Desa Kedung Pengawas lakukan kerja bakti bersihkan Kali Irigasi di Kampung Blendung Dusun III Kedung Pengawas

KORANSIDAK.CO.ID – Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi merasa salut dan bangga dengan kinerja Kepala Desa (Kades) Kedung Pengawas Kecamatan Babelan yang telah mengajak aparat desa dan warganya melakukan kerja bakti membersihkan sampah di Irigasi Kali Sekunder Kampung Belendung, Dusun III ke hilir, Selasa (9/10) pagi.

“Ini merupakan hal yang positif, yang dilakukan Kepala Desa Kedung Pengawas yang mengajak aparat desa dan warganya membersihkan sampah di Kali tersebut. Keterlibatan masyarakat merupakan bukti tanggungjawab masyarakat terhadap lingkungannya,” kata Kabid Kebersihan DLH Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriatna kepada koransidak.co.id melalui telepon selularnya, Selasa (9/10) malam.

Menurut Dodi, setahu dirinya Kades Kedung Pengawas adalah Kades yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu, sehingga kegiatan kerja bakti yang melibatkan aparat dan warga Desa Kedung Pengawas patut dicontoh oleh desa-desa lain.

“Pak Nasarudin kan baru aja dilantik jadi Kades Kedung Pengawas, dia mau bekerja keras membersihkan lingkungannya dengan melibatkan aparat dan warga desa setempat, makanya ini patut dicontoh bagi kepala desa lainnya,” tandasnya.

Menjaga kebersihan lingkungan, kata Dodi, bukan saja tugas pemerintah daerah dalam hal ini Bidang Kebersihan DLH Kabupaten Bekasi saja, namun keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan demi menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri.

“Kalau masyarakat yang membersihkan lingkungan sendiri, sudah tentu masyarakat akan menjaga lingkungannya. Bahkan akan menegur oknum warga yang membuang sampah sembarangan di lingkungannya,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, parat Desa Kedung Pengawas melaksanakan kerja bakti bersama warga untuk membersihkan sampah-sampah yang sudah menggunung di irigasi Kali Sekunder ke hilir di Kampung Belendung Dusun III Desa Kedung Pengawas, Kecamatan Babelan Selasa (9/10).

Kerja bakti membersihkan lingkungan warga maupun irigasi agar bebas dari sampah itu dipimpin langsung Kepala Desa (Kades) Kedung Pengawas, Nasarudin. (*)


TAG