Hadeuh… Sampah Menumpuk di Kali Irigasi DT 8 Kedung Pengawas Babelan

Bagikan Berita Ini

reporter: karta sasmita

KORANSIDAK.CO.ID – Sampah menumpuk di kali irigasi DT 8 yang masuk di sepanjang lingkungan penduduk Kampung Pangkalan RT 10/4 Desa Kedung Pengawas Kecamatan Babelan dikeluhkan warga setempat.

Hal itu lantaran menghambat laju air hingga meluap ke lingkungan. Bahkan ironisnya, warga sekitar selalu menghirup udara bau yang menyengat.

Alif (65), warga Kampung Pangkalan RT 10/4 Desa Kedung Pengawas, Kecamatan Babelan mengeluh lantaran menumpuknya sampah yang sudah menahun itu.

Menurutnya, segala daya telah  diupayakan warga sekitar kali untuk membersihkan kali dari sampah agar lingkungan penduduk  sehat. Namun katanya, sampah itu tak kunjung habis malah kian bertambah setiap harinya.

“Sampah menumpuk di kali lantaran adanya pendangkalan dan lumpur yang tinggi di kali itu,” kata sejumlah warga, Selasa (2/10).

Mak Ijah (76) warga lainnya juga mengeluh hal yang sama. Dia mengatakan, ini akibat ulah oknum masyarakat yang tidak disiplin dan tidak bertanggungjawab trrhadap lingkungan yang membuang sampah sembarangan di kali.

Mak Ijah meminta agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) segera membantu menyelesaikan permasalahan lingkungan di wilayah itu.

Dia juga memohon agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui dinas terkait segera melakukan normalisasi kali tersebut.

“Sampah plastik dan sampah rumah tangga menumpuk di kali, ini sangat mengganggu warga. Selain menimbulkan bau tak sedap juga air kali itu meluap ke lingkungan warga. Kami mohon kepada semua pihak atas perhatian dan bantuannya terkait sampah yang menumpuk di kali tersebut,” imbuh Mak Ijah. (*)