Petani Kacang Hijau Blok Sijan Harapkan Kades Situraja Bentuk Koperasi Simpan Pinjam

Bagikan Berita Ini

reporter: nanang asmari

KORANSIDAK.CO.ID – Musim kemarau, petani Kacang Hijau di Desa Situraja Blok Sijan Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu tetap bertahan dan bisa bercocok tanam, meski mereka rela mengeluarkan uang demi mencari sumber air dengan cara mengebor.

Bertani palawija jenis kacang hijau ini, terbilang mudah dikelola tentunya, tergantung petaninya. Hasil tanam kacang Hijau sangat memuaskan bagi petani di blok Sijan Desa Situraja walaupun sedang krisis air sudah lama terjadi.

Camang (75) petani kacang hijau dari Blok Sijan mengatakan, sudah 4 tahun mengelola tanaman kacang hijau, tapi tidak pernah ada perhatian dari Gapoktan maupun Pemerintah Desa Situraja Kecamatan Gantar.

“Padahal dengan adanya bantuan, pemerintah Desa Situraja tidak pusing-pusing memikirkan di kala musim kemarau tiba,” keluhnya.

Para petani Palawija jenis Kacang Hijau sangat berharap perhatian seperti petani padi di wilayah Desa Situraja Kecamatan Gantar. Jadi, jangan ada pengkotak kotakan atau pilih-pilih, harus disamaratakan.

“Kami ┬ábutuh bantuan bukan sekedar meminta. Tapi mau kami bentuk Koperasi simpan pinjam untuk petani yang dikelola oleh pihak Desa sendiri,” jelasnya.

Dengan Harapan ini, mungkin Pemerintah Desa sangat beruntung, karena tidak harus memikirkan pengangguran di Desa Situraja. “Jangan berpikir negatif apa yang diharapkan para petani, justru ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi petani yang tidak memiliki sawah,” tukasnya. (*)