Dedi Mulyadi: Presiden Jokowi Bakal Fokus Tata Sungai Citarum

Bagikan Berita Ini

reporter: dede mulyadi

KORANSIDAK.CO.ID – Penataan Sungai Citarum merupakan fokus utama Presiden Joko Widodo di Jawa Barat. Demikian dikatakan Dedi Mulyadi, mantan Bupati Purwakarta dua periode kepada koransidak.co.id Jumat (28/9).

Dia mengatakan seluruh elemen masyarakat tidak boleh membiarkan Jokowi sendirian dalam ikhtiar menata sungai terpanjang di Jawa Barat itu.

Ia mengimbau semua pihak untuk tidak terus mencemari Sungai Citarum.

“Jangan ada lagi yang merusak dan mencemari lingkungan. Citarum harus kembali pulih menjadi sungai yang jernih. Pak Jokowi berada di garda terdepan dan kita sebagai warga jabar mendukung itu,” ujarnya.

Selain itu, program sertifikasi tanah rakyat juga menjadi fokus Dedi Mulyadi untuk disosialisasikan. Apalagi, jutaan rakyat Indonesia terutama Jawa Barat sudah merasakan program kedaulatan tanah rakyat itu.

“Harus ada regulasi agar tanah rakyat tidak beralih tangan. Sehingga, saat rakyat mendapatkan sertifikat, itu gak dijual. Kalau tidak, maka orang-orang besar nanti bisa menguasai tanah rakyat,” tuturnya.

Tanah negara di Jawa Barat menurut Dedi, harus dimaksimalkan sebagai lahan konservasi. Sehingga, ekosistem flora dan fauna serta semua potensi alam yang ada tidak terjamah tangan jahil yang mengambil keuntungan sesaat.

“Lahan-lahan milik Negara harus menjadi hutan konservasi, menjadi hutan lindung. Kalau mata air terjaga, tanah terjaga, sumber daya alam terjaga, maka kehidupan rakyat akan semakin baik,” ucap dia. (*)