Proses PAW Anggota DPRD Kota Cirebon, Tunggu Hasil Keputusan Hukum Tetap

Bagikan Berita Ini

nurudin

 

KORANSIDAK.CO.ID – Terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kota Cirebon dari Partai Nasdem, Sekretaris DPRD Kota Cirebon, Sutisna memastikan semua proses PAW menunggu hasil keputusan hukum tetap.

Adapun untuk Harry Saputra Gani akan segera dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD menggantikan Eti Herawati.

“Sengketa internal partai yang tidak bisa diselesaikan internal seperti PAW, kemudian diajukan ke Pengadilan Negeri harus menunggu hasil dari pengadilan untuk penentuan proses PAW,” ungkap Sutisna.

Sutisna menyebutkan, seperti halnya PAW Hj Eti Herawati bahwa rekomendasi KPU menyebutkan Iwan Malik, dan rekomendasi partainya Johanes.

Ditambah lagi, pihak Iwan Malik melakukan gugatan hukum. Begitu pun sama dengan dr Doddy yang baru kembali mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

”Sesuai dengan ketentuan PP Nomor 16 Tahun 2010, kami melakukan konfirmasi ke partai dan KPU. Dan keduanya melakukan gugatan hukum, kami menunggu saja hasilnya,” jelasnya.

Atas dasar surat KPU, kata dia, pihaknya mengkonfirmasikan ke partai karena terjadi perbedaan pengganti Eti Herawati. Hal ini, lanjut dia, baru langkah awal.

Sebenarnya sambung dia, proses bisa saja cepat, seperti pihaknya mengirim surat ke gubernur melalui wali kota, gubernur melakukan verifikasi.

”Bisa saja diloloskan dan diproses, tetapi provinsi belum tentu, karena ada konflik internal,” ucapnya

Masih kata dia, prosesnya masih komunikasikan antara pimpinan dengan partai. Dan belum diajukan ke walikota maupun gubernur. Intinya, kata dia, menunggu keputusan final pengadilan.

”Bisa saja diproses, namun provinsi pun akan menunggu keputusan pengadilan,” tuturnya.

Sutisna menuturkan, pada Kamis (3/5), Harry Saputra Gani akan dilantik, di mana prosesnya cepat dan tidak ada permasalahan. Apalagi, kata dia, kuncinya hanya rekomendasi dari DPP. (*)