Kemendikbud Bantu 1760 Komunitas Budaya se Indonesia

Bagikan Berita Ini
  • 2
    Shares

mufreni (dade)

 

KORANSIDAK.CO.ID – “Kegiatan fasilitas Komunitas Budaya di Masyarakat (FKBM) merupakan program unggulan Kemendikbud yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Tradisi, telah dilaksanakan sejak tahun 2012,” kata Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Tradisi, Nano Adya S, Minggu (29/4) malam, saat menyelenggarakan Workshop Fasilitas Komunitas Budaya di Masyarakat pada tanggal 29 April-3 Mei 2009, di Hotel Milenium, Kebon Sirih, Jalan Fachrudin No.3, Jakarta Pusat.

Hingga tahun 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memberikan fasilitas bantuan pemerintah kepada 1760 komunitas budaya di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2018 ini akan difasilitasi 232 komunitas budaya.

“Seluruh komunitas budaya yang diundang dalam kegiatan Workshop FKBM tahun 2018 telah melalui proses verifikasi administrasi maupun verifikasi lapangan. Jadi Workshop ini merupakan seleksi akhir bagi calon penerima bantuan pemerintah FKBM,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid mengatakan, seleksi akhir dilakukan dengan mengecek kembali dokumen asli sesuai dengan persyaratan administrasi serta Rincian Anggaran Biaya (RAB).

“Bagi komunitas budaya yang memenuhi persyaratan akan ditetapkan sebagai penerima bantuan pemerintah melalui penandatangan MoU berupa SP2B dan BAP.  Sasaran dari bantuan pemerintah Fasilitas Komunitas Budaya di Masyarakat (FKBM) adalah keraton, komunitas adat, lembaga adat, sanggar seni, organisasi penghayat kepercayaan komunitas tradisi,” kata Hilmar. (*)