Genjot Wisata, Dinas Pariwisata dan Pansus XXVll DPRD Kab. Bekasi Garap RIPPDA

Bagikan Berita Ini

sarman faisal

 

Bramantio

KORANSIDAK.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pariwisata mengaku terus menggenjot sektor pariwisata.

Pasalnya, saat ini antara Dinas Pariwisata, Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan stakeholder lainnya tengah membahas Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) melalui Panitia Khusus (Pansus) XXVll tentang Rippda sejak 9 April – 9 Mei 2018.

Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Bramantio mengatakan, dalam RIPPDA itu nantinya yang mengatur, tentang visi dan misi, tujuan dan sasaran, arah kebijakan, strategi dan indikasi program serta ilustrasi pengembangan objek-objek wisata terutama pengembangan kawasan wisata yang menjadi andalan Kabupaten Bekasi seperti Pantai Muaragembong, pantai Tarumajaya dan objek wisata lainnya.

“RIPPDA itu nantinya sebagai acuan pembagian zona obyek pariwisata serta payung hukum untuk melakukan pembangunan di sektor kepariwisataan,” katanya, Rabu (25/5).

Menurutnya, Pansus XXVII Rippda ini pertama dilakukan di Kabupaten Bekasi, mengingat Rippda saat ini sudah sangat dibutuhkan untuk memajukan obyek -obyek pariwisata yang ada.

“Mudah-mudahan Mei 2018 ini selesai, sehingga jika sudah diperdakan, Pemkab Bekasi sudah bisa melakukan pembangunan di sektor-sektor wisata, ” harapnya.

Lebih jauh dikatakan, saat ini pihaknya belum menghitung kebutuhan anggaran untuk melakukan pembangunan infrastruktur obyek-obyek wisata di Kabupaten Bekasi.

Sebab katanya, hal itu nantinya akan dikordinasikan dengan para pimpinan, investor dan para pemangku kepentingan lainya didalam sektor kepariwisataan.

Masih kata dia, dengan selesainya pembahasan Pansus XXVll RI pada, nantinya diharapkan pengelolaan objek wisata dapat dilakukan dengan lebih profesional, apalagi kepariwisataan Kabupaten Bekasi saat ini belum memiliki ikon atau citra Pariwisata.

Padahal sambungnya, pengembangan tersebut penting, mengingat brand merupakan identitas bagi suatu destinasi pariwisata setiap daerah.

“Pansus RIPPDA bertujuan menggali potensi pariwisata yang ada dan meningkatkan Penghasilan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Dengan demikian, majunya sektor kepariwisataan diharapkan dapat mensejahterakan taraf perekonomian masyarakat Kabupaten Bekasi,” imbuhnya. (*)

editor: budhie uban