Wakili Kec. Babelan, Desa Huripjaya Siap Raih Juara Lomba Desa 

Bagikan Berita Ini

Yakup, Kades Huripjaya

K Sasmita 

KORANSIDAK.CO.ID – Desa Huripjaya mewakili Kecamatan Babelan mengikuti lomba Desa tingkat Kabupaten Bekasi 2018 bertempat di halaman Kantor Desa Huripjaya, Selasa (3/4).

Ketua Tim Penilai Lomba Desa, Aat Barhaty mengatakan, lomba desa ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berlangsung di desa dan kelurahan di kabupaten Bekasi.

“Melalui lomba ini Pemerintah Kabupaten Bekasi akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan masing-masing desa dan kelurahan, terutama terhadap usaha pemerintah desa dan kelurahan dalam memajukan dan memberdayakan masyarakatnya,” ungkap Sugiana, Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bekasi.

Menurutnya, Desa yang terpilih mewakili kecamatannya masing- masing, harus dapat dan mampu menggali potensi yang ada di desa tersebut, sehingga hasilnya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Ya, Kepala Desa harus dapat menggali potensi yang ada di desanya ,” tuturnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi Aat Barhaty mengharapkan, kepada desa yang dilombakan harus dapat menciptakan icon desa agar lebih dikenal dan menjadi daya tarik tersendiri.

“Setiap desa harus punya icon desa, agar mempunyai daya tarik dan menjadi motivasi dalam pembangunan desa,” bebernya.

Kepala Desa Huripjaya, Yakup mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim penilai beserta rombongan, Camat Babelan  atas supportnya serta para perangkat desa dan ibu-ibu PKK.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah membantu kegiatan lomba desa, sehingga dapat berjalan baik dan lancar,” ucapnya

Dikatakan, Desa Huripjaya memiliki potensi besar dalam bidang budidaya rumput laut dan bank sampah.

“Meski mayoritas penduduk bekerja sebagai petani dan buruh tani, Huripjaya akan siap jadi juara lomba desa ini ,” kata Yakup dengan guyonnya.

Hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi Aat Baharti, Kabid PMD Sugiana, Camat Babelan dan Staf, Para UPTD, Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Babelan  ,TP PKK serta Masyarakat setempàt.

Sementara itu, evaluasi pembangunan masyarakat desa (Lomba Desa) tingkat Kabupaten Bekasi juga dilakukan Desa Pahlawan Setia mewakili Kecamaran Tarumajaya di Gedung Serbaguna, Desa Pahlawan Setia.

Menurut Kepala Desa Pahlawan Setia Zainal Abidin, Desa Pahlawan Setia mempunyai BUMDes, yakni mengelola telur asin dan lainnya itu termasuk bebek petelur. (*)