Ayoo… Daftar Mudik Gratis di Dishub Kabupaten Bekasi

\"\"

Sarman Faisal

KORANSIDAK.CO.ID – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi telah membuka pelayanan pendaftaran mudik gratis untuk bus tahun 2018.

Pendaftaran dibuka mulai 20 Maret sampai 31 Mei, di depan kantor Dishub yang berlokasi Jalan Raya Industri No 5, Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara.

Sementara bagi masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran secara online bisa melalui website  www.mudikgratis.dephub.go.id.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Yudi C Permana mengatakan, program mudik gratis itu bertujuan dalam upaya menekan segala bentuk resiko munculnya persoalan kecelakaan yang diakibatkan momentum pulang kampung tersebut.

\”Mudik gratis ini hajat Kementerian Perhubungan, kita di daerah hanya mambantu memfasilitasi dengan menyediakan tempat pendaftaran dan sosialisasi kepada warga khususnya warga Kabupaten Bekasi,” katanya kepada koransidak.co.id, Senin (2/4).

Ditambahkan, bagi warga Kabupaten Bekasi yang ingin mudik gratis, pihaknya mempersilahkan agar segera datang ke Kantor Dishub untuk melakukan pendaftaran,dengan membawa segala persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar yaitu KTP dan Kartu Keluarga (KK).

\”Program mudik gratis 2018 dari kementrian perhubungan tahun ini untuk warga Jabodetabek bagi pengguna sepeda motor sebanyak 3.150 orang yang akan diangkut dengan truk. Sedangkan orang penumpang akan diangkut dengan bus sebanyak 50.850 orang,\” paparnya.

Masih kata Yudi, semua alokasi anggaran ditanggung oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan. Sebab, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi tidak mempunyai anggaran untuk mudik tahunan tersebut.

\”Untuk keberangkatan bus khusus pemudik dari kabupaten Bekasi dipusatkan di Jababeka tanggal 12 juni,\” imbuhnya.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan mudik gratis dari Kemenhub dibandingkan naik sepeda motor karena mudik dengan kendaraan roda dua sangat beresiko tinggi untuk keselamatan.

\”Kita (Dishub) berharap mudik tahun 2018 ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya,makanya sekali lagi kami menghimbau kepada warga manfaatkan mudik gratis ini untuk mengurangi hal hal yang tidak diinginkan dijalan,\” pungkasya. (*)

Editor: Budhie Uban