Hari Air Dunia tingkat Prov. Jabar Bakal Digelar di Situ Abidin

Bagikan Berita Ini
  • 10
    Shares

Reporter: Sarman F Editor: Budhie Uban

Nur Chaidir

KORANSIDAK.CO.ID – Peringatan Hari Air Dunia (HAD) ke 26 tingkat provinsi Jawa Barat akan digelar di Situ Abidin Kampung Bedeng, Desa Karang Mulya, Kecamatan Bojongmangu, Kamis (22/3) mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir mengatakan, dalam acara itu akan diisi berbagai kegiatan mulai dari penanaman 1500 bibit pohon dan penaburan 500 ribu bibit ikan di Stu Abidin.

“Dengan jadinya tuan rumah alhamdulilah situ abidin dapat bantuan bibit pohon dan bibit ikan,” ujarnya, Selasa (20/3).

500 ribu benih ikan tersebut di antaranya ikan Nila, ikan Nilem, ikan Emas, ikan Tawes dan ikan Sepat.

Sedangkan penanaman 1500 pohon di antaranya: Pohon Tanjung, Vilusium, Sawo Kecik, Glodokan Tiang, Ketapang, Pulai, Sawo Landa, Lengsir, Damar, Gadog ,Ketapang Kencana, Kesambi, Nagasari, Kepel Kayu Manis, Menteng dan Kupa.

Ditambahkan, bukan hanya mendapat keuntungan bantuan bibit pohon dan ikan dalam momen itu, pihaknya juga ingin mempromosikan destinasi wisata air Situ Abidin di wilayah selatan Kabupaten Bekasi tersebut.

“Keuntungan lainnya dengan menjadi tuan rumah. Di Hari Air Dunia (HAD) kita juga bisa kenalkan potensi Situ Abidin kepada tamu-tamu yang hadir,”bebernya.

Masih kata dia, esensi dari peringatan HAD, karena air adalah elemen yang sangat penting bagi kehidupan di muka bumi ini, sehingga pihaknya mengajak semua pihak untuk meningkatkan penghargaan terhadap air dengan tidak berlaku semena mena terhadap air dimana pun adanya.

Tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan limbah dan berlaku tidak boros dalam penggunaan air utamanya air bersih.

“Intinya kita harus bisa lebih menghargai air,” imbuhnya. (*)