Ditpolair Polri Ajak Nelayan Cilincing Perangi Hoax

Bagikan Berita Ini
  • 11
    Shares

 

Reporter : Mufreni (Dade)
Editor : Hamdan Bule

 

Kelompok komunitas nelayan Cilincing menyerukan seruan melawan dan memerangi kabar atau berita bohong (hoax) usai mendapatkan sosialisasi dari Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri di TPI Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (15/3).

KORANSIDAK.CO.ID – Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri mengajak puluhan komunitas nelayan Cilincing, Jakarta Utara untuk melawan dan memerangi berita bohong (hoax) yang semakin merajalela baik melalui situs media online baru maupun media sosial.

“Saat ini masyarakat banyak dibuat bingung dengan informasi yang didapat melalui smartphone-nya dengan berbagai kabar baik melalui situs media online maupun media sosial, dari 60 persen berita hoax dikirim di sejumlah media sosial dan sisanya melalui portal media online yang baru serta tidak berbadan hukum,” kata Kasubdit Patroli Air Ditpolair Makhruzi Rahman, Kamis (15/3), saat acara puluhan komunitas nelayan, di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cilincing, Jakarta Utara.

Lebih lanjut, Makhruzi mengatakan, berita hoax ini akan memperburuk situasi bangsa ini jika dilakukan terus menerus. Untuk itu, pihak Polri terus melakukan sosialisasi kepada semua kalangan masyarakat khususnya untuk Polair adalah masyarakat nelayan yang bertempat tinggal di garis pesisir agar bisa membedakan berita hoax dan berita yang benar sesuai fakta.

“Kita beritahukan kepada mereka ada beberapa media sosial maupun situs online terbuka yang sering mengabarkan berita bohong. Direktorat Cyber Bareskrim Polri akan melakukan penindakan terhadap pelaku berita hoax,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubit Binmas Air Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Kombes Pol Oka Iswara mengatakan kalangan masyarakat berpendidikan rendah sangat rentan dihasut oleh kabar bohong sehingga perlu diberikan pengetahuan terkait hoax. (*)