Lewat Budaya dan Teknologi, Betawi Bangkit Bareng SBR Gairahkan Masyarakat Bekasi Warnai Peradaban

Bagikan Berita Ini
  • 55
    Shares
Lewat Budaya dan Teknologi, Betawi Bangkit Bareng SBR Gairahkan Masyarakat Bekasi Warnai Peradaban

Foto: Bud/Pur (Radar Indonesia)

KORANSIDAK.CO.ID – Betawi Bangkit bersama Silaturahmi Bekasi Raya (SBR) menggagas kolaborasi Budaya Betawi Bekasi dan kemajuan teknologi, event bertajuk “Bekasi Disruptive Weekend” di gelar mulai Jumat hingga Minggu tanggal 23-25 Februari 2018 di Gedung Juang Tambun, Kabupaten Bekasi.

David Darmawan, ketua umum ‘Betawi B@ngkit’ menyatakan, Bekasi Disruptive Weekend merupakan gebrakan Betawi B@ngkit untuk menggairahkan masyarakat Bekasi dan UMKM Betawi agar lebih tampil mewarnai peradaban wajah Bekasi hari ini dengan memanfaatkan tekhnologi informasi.

“Kegiatan ini merupakan inovasi yang menggabungkan seni budaya dan teknologi. Mengapa disebut disruptive? Disruptive di sini berarti membuat gebrakan inovasi yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Karena itu dalam Bekasi Disruptive Weekend ini kami menampilkan event seni budaya yang nantinya juga akan dikemas secara modern dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam Startup Betawi“, ungkap David dalam sambutan pembukaan “Bekasi Disruptive Weekend”, Jumat (23/2).

Lewat Budaya dan Teknologi, Betawi Bangkit Bareng SBR Gairahkan Masyarakat Bekasi Warnai Peradaban

Foto: Are (Wajah Bekasi)

Event Bekasi Disruptive Weekend secara garis besar akan berisikan kegiatan Kompetisi Betawi Startup Weekend, Youth Innovation Festival, Lomba Fashion Show Hijab, Festival Silat Nusantara, Atraksi Maen Pukul (Silat) Betawi, Parade Ondel-Ondel, pertunjukan kesenian budaya Bekasi lainnya.

Adapun Kompetisi Betawi Startup Weekend adalah perpaduan antara e-Commerce dan FinTech (Financial Technology) yang akan mengangkat UMKM Betawi berkolaborasi dengan perusahaan manajemen investasi dan sekuritas.

Dengan menggandeng IDX Incubator milik Bursa Efek Indonesia (BEI), panitia juga memperkenalkan 3 startup binaan IDX Incubator sebagai cara memperkenalkan model startup yang akan dikembangkan selanjutnya.

Dalam acara ini juga telah dideklarasikan pembentukan Baitul Maal Wattamwil (BMT) yaitu Koperasi Simpan Pinjam Syariah Betawi Bekasi B@nkit Amanah guna menjawab persoalan permodalan UMKM di Bekasi dan sekitarnya.

Selama acara berlangsung, PT Telkom memfasilitasi akses internet gratis di area acara bekerjasama dengan PT Socentix yang bergerak dalam mengembangkan green financial fund project melalui startup yang berguna bagi masyarakat luas selaku sponsor kegiatan Bekasi Disruptive Weekend. (*)

Reporter: bisot