Tera Ulang Perdana, Mulyadi: Pasar Tambun Bakal jadi Pasar Tertib Ukur Pertama di Kabupaten Bekasi

Bagikan Berita Ini

KORANSIDAK.CO.ID – Guna mengejar target pandapatan asli daerah (PAD), Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi menggelar razia timbangan untuk dilakukan tera ulang terhadap timbangan milik pedagang di Pasar Tambun, Kecamatan Tambun Selatan.

Tera ulang tersebut, menurut H. Mulyadi, Kepala Bidang Perdangangan pada Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, akan dilakukan selama lima hari kerja yakni sejak Senin (20/2) hingga Jumat (24/2).

“Ini adalah tera ulang pertama yang dilakukan Pemkab Bekasi setelah kewenangan tera ulang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat ke Pemkab Bekasi 23 Mei 2017 lalu,” terang Mulyadi yang ditemui di sela-sela tera ulang di Pasar Tambun, Senin (20/2).

Setelah Pasar Tambun, lanjut dia, tera ulang bakal dilakukan di Pasar Setu, Senin depan (27/2).

“Kami akan keliling ke setiap pasar milik Pemkab Bekasi untuk melakukan tera ulang ini,” ujarnya.

Eman Suherman, Kasie Meteorologi Legal Bidang Pasar pada Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi menambahkan, selain tera ulang pihaknya juga melakukan perbaikan terhadap timbangan yang sudah terlihat rusak dan dilakukan pengecatan yang dikerjakan pihak ketiga.

“Kita perbaiki timbangan milik pedagang yang rusak dengan menyewa pihak ketiga. Apabila ada spare part yang tidak ada, maka akan diganti,” bebernya.

Para pedagang, sambungnya, hanya cukup membayar retribusi saja sesuai jenis timbangan yang dimiliki.

“Setelah ditera ulang, pedagang hanya diwajibkan membayar retribusi pelayanan tera ulang,” ujarnya.

Mulyadi menambahkan, Pasar Tambun merupakan pasar yang diusulkan sebagai Pasar Tertib Ukur ke Kementerian Perdagangan.

“Pasar Tambun sudah diusulkan ke Kementerian Perdagangan sebagai pasar pertama Tertib Ukur di Kabupaten Bekasi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Budhie Uban