Besok, Disperdagpas Razia Timbangan di Pasar Tambun

Bagikan Berita Ini

Ilustrasi (Istimewa)

KORANSIDAK.CO.ID – Dinas Perdagangan dan Pasar (Disperdagpas) Kabupaten Bekasi menjadwalkan akan melakukan razia timbangan para pedagang di Pasar Tambun, Selasa (20/2).

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kecurangan yang dilakukan para pedagang kepada konsumen.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Mulyadi mengatakan, dalam melakukan razia tera ulang timbangan, pihaknya akan mengambil semua alat ukur mulai dari timbangan dan literan yang sementara ditera para pedagang diberikan pinjaman alat dari Disperdagpas.

“Besok agendanya Disperdagpas menera ulang semua alat ukur di Pasar Tambun,” katanya, Senin (19/2).

Ditambahkan, kegiatan razia itu akan terus diberlakukan pada tahun 2018. di 12 pasar milik Pemerintah Kabupaten Bekasi, bahkan nantinya pasar-pasar tradisional juga akan dirazia alat ukurnya.

“Kami sudah sosialisasi ke 12 pasar milik Pemkab, bahkan ke semua pasar swasta untuk melakukan tera ulang alat ukur,” bebernya.

Menurutnya, pembayaran retribusi alat ukur nantinya para pedagang yang langsung mentransfer ke rekening Bank yang ditunjuk Pemkab Bekasi, sehingga dalam hal ini, tidak ada petugas yang menerima uang cash dari para pedagang yang dilakukan tera.

“Kita cuma menerima bukti transfer, karena petugas dilarang memegang uang retribusi karena khawatir diselewengkan,” ungkapnya.

Masih kata dia, kegiatan tera ulang timbangan bukan hanya mencegah ruginya konsumen karena kecurangan alat ukur oknum pedagang. Namun, lanjutnya, ada keuntungan dari retribusi yang bisa didapat oleh Pemkab Bekasi setiap alat yang dilakukan tera ulang oleh petugas Disperdagpas.

“Target retribusi tera ulang per tahun Rp 4 miliar dan saat ini terhitung dari Januari 2018 sudah dapat Rp 1,3 miliar,” tukasnya. (*)

Reporter: Sarman Faisal
Editor: Budhie Uban